DSDAP Banten Berikan Bantuan Teknis Penyediaan Air
By admin On 5 Jun, 2014 At 03:14 PM | Categorized As Daerah, INDO 24 | With 0 Comments
Gubernur Banten Ramo Karno dan Ir Iing Suwargi,kepala dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) (dok)

Gubernur Banten Ramo Karno dan Ir Iing Suwargi,kepala dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) (dok)

SERANG-(TERBITTOP)-Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) Provinsi Banten, setiap tahunnya memberikan  bantuan sumber daya pengembangan sistem penyediaan air minum agar bermanpaat bagi masyarakat.

Dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat tersebut menyangkut berbagai aspekaspek, diantaranya Aspek Tekhnik, Kelembagaan, Pembiayaan, Sosial dan juga ling­kungan hidup yang ada di sekitar 34 peserta yang hadir diantara nya dari PDAM Kab / Kota di Provinsi Banten sekitar 15 peserta yang terdiri dari Dinas Pekerjaan Umum Kab / Kota ProvBanten yang hadir sekitar 19 peserta.

Ir Iing Suwargi, Kepala DSDAP Provinsi Banten kepada Terbit Top baru baru ini mengatakan, pihaknya setiap tahun ter­us melakukan berbagai kegiatan pada pro­gram bantuan tekhnik, karena kegiatan ini merupakan aspek dari sumber daya manusia itu sendiri, sehingga kegiatan ini dapat mendukung dalam peren­canaan dan pengembangan pada sistem penyediaan air minum, karena pada saat ini penyediaan air minum untuk wilayah di Provinsi Banten sangatlah terbatas.

“Oleh karena itu kegiatan ini terlaksana dengan harapan terwujudnya ketersediaan air minum yang ber­kesinambungan,” kata  Iing.

Menurut Iing, dalam perencanaan dan langkah ­langkah dalam perhitungan pada jaringan perpipaan air minum yang ada di Banten yang akan ditempuh, untuk mengatasi kendala-kendala yang masih ada dalam sistem ataupun ketersedi­aan air minum yang layak bagi masyarakat Banten.

Salah satu poin penting dalam pembangunan ataupun pengembangan sistem sumber daya air adalah kualitas sumber daya manusia, dan juga dalam menyusun perencanaan tekhnis sistem penyediaan air minum, se­lain itu perlu juga dalam hal me­ningkatkan keterampilan dan ke­mampuan sumber daya manusia, dan juga perlu ada nya pengem­bangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dalam hal kin­erja penyelenggaraan SPAM juga sangat di perlukan dan pedoman serta paradigma teknis dalam pe­nyusunan DED SPAM,

“Kami akan memberikan pelajaran tentang tekhnik peren­canaan hidrolika perpipaan dan juga memberikan pelajaran mengenai tekhnik jaringan per­pipaan, dan diharpkan pada kegiatan pengembangan sistem penyediaan air minum ini lebih bermanfaat bagi masyarakat,” tutur Iing.

Ditempat terpisah, Adib Solichin STMT. M Si, Kepala Seksi (kasi) air minum dan penyehatan lingkungan pada SDAP Provinsi Banten menjelaskan, dalam program kegiatan tersebut, pihaknya ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan.

Adib berharap, sumber daya manusia seb­agai pelaku pengembangan pada sistem penyediaan air dapat lebih ditingkatkan lagi dengan diselenggarakannya kegiatan bantuan tekhnik tersebut.

“Kami dari bagian seksi air minum dan penyehatan lingkungan iakan terus berupaya memberikan ara­han-arahan dan motivasi terkait dengan bantuan tekhnik pening­katan SDA dan juga dapat memberikan pengara­han pengembangan pada sistem penyediaan air minum yang ada di Provinsi Banten,” paparnya.

Kebutuhan akan SDM yang handal dan professional menjadi sangat penting artinya, karena hingga saat ini untuk pelayanan air bersih sangat minim.
Kendati demikian, Dinas SDAP Banten akan terus berupaya dan tetap optimis untuk menar­getkan minimal 40%, dapat memenuhi ke­butuhan air bersih pada tingkat Kab dan Kota di Provinsi Banten masih banyak yang membutuh­kan air bersih,

“Tahun 2013 yang lalu kegiatan pelayanan air bersih khususnya di Wilayah Provinsi \Banten mencapai 68%,’ pungkasnya. (Yasril Nugraha)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>