Uji Coba Pintu Elektronik Sepanjang Blok M-Kota Tua
By admin On 1 Jun, 2014 At 05:10 PM | Categorized As Jakarta Selatan, METRO | With 0 Comments
Gerbang ERP dalam tahap test.(dok)

Gerbang ERP dalam tahap test.(dok)

JAKARTA (TERBITTOP) – Pembuatan gerbang sensor jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (RTP) saat ini tengah dimulai di depan Ratu Plaza, Jakarta Pusat. Para pengendarapun harus bersiap merogoh kocek untuk membayar bila melintas di sepanjang jalur mulai Blok M hingga Kota Tua.

Uji coba dilakukan mulai Juli 2014 ini, tarif yang dikenakan untuk sekali melintas sekitar Rp20 ribu sampai Rp25 ribu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta M Akbar, mengungkapkan pelaksana ujicoba ERP dilakukan oleh Kapsch, sebagai perusahaan asing asal

Swedia yang menggandeng perusahaan lokal, yakni PT Toba Sejahtra dan Alita (Infocomm Network Solution).

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, uji coba akan berlangsung selama beberapa bulan. Selama uji coba ini akan dilihat sejauh mana kemampuan alat sensor yang disediakan oleh penyedia jasa ERP untuk membaca kendaraan yang melintas. Alat sensor itu terdapat di gate entry atau gerbang pintu masuk ERP.

Kendaraan yang diujicobakan dilengkapi dengan on board unit (OBU).

Nantinya antara OBU dan Gate Entry akan saling berkoneksi untuk membaca data kendaraan dan saldo dari deposit yang dimiliki kendaraan. Setiap melintas, gate akan memotong saldo itu berdasarkan tarif yang ditetapkan. “Selama uji coba tentu tidak ada pendapatan uang yang didapatkan Pemprov DKI Jakarta. Uang yang didapatkan di ERP ini baru didapat pada 2015 nantinya,” ungkap Ahok, kemarin. (nurcahyo)

 

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>