Perusahaan Tambang Nunggak Royalti Ditindak
By admin On 15 Nov, 2014 At 12:49 PM | Categorized As Hukum, Moneter | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Perusahaan pertambangan yang masih melakukan tunggakan royalti tidak melunasinya, akan diambil tindakan tegas, bahkan hingga pencabutan izin.

Menteri ESDM, Sudirman Said mengatakan, pemerintah tidak akan pernah ragu untuk menindak tegas terkait masalah kewajiban tersebut, pasalnya kewajiban untuk pelunasan tunggakan tersebut sudah disampaikan ke pengusaha sejak 2013.

“Sepanjang keputusan diambil untuk kepentingan masyarakat, kita tidak ragu, akan diberikan sanksi, bahkan kalau perlu kita cabut sekalian,” kata Sudirman di Jakarta, Jumat (14/11).

Sudirman menambahkan, walaupun akan diberikan sanksi, pemerintah akan melakukan konfirmasi terlebih dahulu, jika memang masih membandel, tindakan tegas yang akan diambil pemerintah.

Sementara itu, Direktur Jendral Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM, R. Sukhyar mengatakan, bahwa sejak dilakukan kewajiban untuk pelunasan tunggakan, hingga saat ini sudah ada kemajuan. Bahka pendapatan negara dari sektor minerba per-Oktober 2014 mencapai Rp28 triliun, sama dengan pendapatan di tahun 2013.

“Ini ada kemajuan, per-Oktober 2014 sudah sama dengan pendapatan pertahun di 2013. Bisa lebih besar lagi hingga akhir 2014 nanti,” katanya.

Sayangnya, pemerintah enggan menyebutkan siapa saja perusahaan yang masih mengalami tunggakan. Cuma ditegaskan agar tunggakan tersebut harus diselesaikan sebelum awal 2015.

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>