Amnesti Internasional Protes Hukuman Mati
By admin On 6 Dec, 2014 At 01:22 PM | Categorized As INTERNASIONAL, Kasus | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Rencana Kejaksaan Agung untuk mengeksekusi hukuman mati terhadap gembong narkotika mendapat protes daro organisasi HAM Intrnasional. Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta Jaksa Agung untuk mengeksekusi lima narapidana akhir tahun ini, antara lain narapidana gembong narkoba.

Amnesty menilai rencana pemerintah untuk mengeksekusi lima terpidana, dua napi pidana umum dan tiga napi kasus narkotika, ini tak menghormati hak asasi manusia.

“Pemerintah harus secepatnya membatalkan rencana menjalankan eksekusi. Mengingat Presiden Joko Widodo berkampanye dengan komitmen memperbaiki penghormatan atas hak asasi manusia,” kata Direktur Riset Amnesty International untuk Asia Tenggara dan Pasifik, Rupert Abbott, dalam keterangannya,Sabtu (6/12).

Bilamana eksekusi dilakukan, lanjut Amnesty, tentu akan menjadi noda serius. Menurut Abbott, adalah suatu hal yang sah saat pemerintahan Jokowi-JK berkeinginan untuk menangkal kejahatan serius. “Namun ini cara yang salah dalam mencapainya, hukuman mati tidak berhasil menjadi penghalang bagi kejahatan,” ujarnya.

Dampak dari pelaksanaan hukuman mati dikhawatirkan menghalangi upaya pemerintah untuk melindungi warganegara Indonesia yang terancam hukuman mati di luar negeri. Selain itu, Amnesty juga mengkritik rencana pemerintah yang juga akan mengeksekusi 20 narapidana kasus narkoba di 2015 nanti.(nt)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>