Bea Cukai Gagalkan Ekspor 14 Kontainer Rotan
By admin On 6 Dec, 2014 At 12:28 PM | Categorized As BISNIS, KEUANGAN | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Kepala KPU Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok Bahaduri WiJayanta B.M, mengatakan community protector yaitu memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap masuknya barang-barang impor yang mengakibatkan kerusakan mental, degradasi moral dan hilangnya karakter bangsa maupun keluarnya barang-barang ekspor yang dapat merugikan negara.

“Dalam menjalankan tugas pengawasan yang merupakan salah satu peran dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk melindungi barang-barang ekspor yang dapat merugikan negara, KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok terus menerus melakukan kegiatan pengawasan terhadap kegiatan ekspor dengan menggunakan berbagai instrumen pengawasan sehingga ditemukan barang-barang lapangan pemberantasan, Kamis (4/12), di Pelabuhan Tanjung Priok.

Dia, menjelaskan KPU Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok telah berhasil menggagalkan upaya ekspor rotan sebanyak 14 kontainer ukuran 40 feet dan 2 kontainer 20 feet dengan detail sebagai barang bukti.

“Sedangkan pelaku dilakukan pencarian (DPO), dan memberitahukan jenis barang dalam pemberitahuan pabean tidak sesuai dengan fisik barang dan menggunakan nama eksportir perusahaan lain (undername),” ujar Bahaduri.

Namun, negara tujuan Singapura dan Jerman dan perkiraan nilai barang kurang lebih Rp.2.385.554.500 di tempat barang bukti TPS 301-305 (9 kontainer 40 feet) dan TPP Cikarang (5 koainer 40 feet dan 2 kontainer 20 feet.

Bahaduri mengungkapkan, para pelaku diduga melakukan pengurusan ekspor rotan sebanyak 14 kontainer ukuran 40 feet dan 2 kontainer ukuran 20 feet dengan negara tujuan Singapura dan Jerman. “Dimana untuk eksportasinya menggunakan nama perusahaan lain sebagai eksportir/pemberitahuan, yaitu CV, FGM, PT, IPI, PT.NKI, PT. PNM, dan PT. SSF,” katanya.

Sementara itu, pada dokumen pemberitahuan diberitahukan jenis barang yang sesuai yaitu Weight Clutch, Gasket & O-Ring Set, Spare Part Mechanical Seal, Gear Box Set, Rubber Gasket dan Metal Gasket Material Sheet.

“Berdasarkan hasil analisa intelijen, diketahui bahwa atas PEB tersebut diindikasikan adanya pelangga
ran kepabeanan yaitu pemberitahuan tidak benar, dan berdasarkan hasil pemeriksaaan fisik sebagai tindak lanjut hasil intelijen tersebut kedapatan jumlah dan jenis barang sebagai rotan asalan, rotan setengah jadi dan rotan mentah sebanyak 14 kontainer ukuran 40 feet dan 2 kontainer ukuran 20 feet dengan detail,” kata Bahaduri. (dade)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>