Hadapi Natal Freekuaensi Kapal Ditambah
By admin On 6 Dec, 2014 At 01:19 PM | Categorized As BISNIS, Perhubungan | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Dirjen Perhubungan Darat Plt Sugiharjo mengatakan, berdasarkan pengalaman penyelenggara Angkutan Natal dan Tahun Baru pada periode yang lalu, lonjakan penumpang angkutan laut signifikan terjadi di wilayah Timur.

Untuk antisipasi lonjakan tersebut dapat dilakukan re-routing perjalanan kapal dan penambahan frekuensi layanan kapal perintis pada periode puncak. “Upaya antisipasi. Lonjakan penumpang tetap memperhatikan aspek keselamatan, baik terkait cuaca maupun ketersediaan fasilitas keselamatan pelayanan,” kata Sugiharjo, Jumat (5/12), di Kantor Perhubungan, Jakarta.

Namun, kesiapan sarana dan awak untuk peningkatan aspek keselamatan, dan peningkatan kualitas layanan mulai saat pembelian tiket, selama perjalanan pada masa penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru serta pelayanan angkutan terusannya.

Dia menjelaskan, peningkatan ketertiban dan keamanan pada simpul-simpul transportasi (stasiun, bandara, pelabuhan, terminal) maupun selama perjalanan. “Kekurangan perjalanan KA ditambah dengan menjalankan MALKA (Maklumat Perjalanan KA) Angkutan,” ujar Sugiharjo.

Sementara itu, selama masa Angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 tidak ada pembatalan perjalanan KA Barang. Penyiapan secara optimal prasarana dan saranan angkutan udara sesuai dengan potensial demand.

“Pengaturan pelaksanaan angkutan natal 2014 dan tahun baru 2015 suapaya aman, selamat lancar, tertib dan nyaman serta tepat waktu. Peningkatan pengawasan terhadap aspek keamanan dan keselamatan penerbangan,” katanya.

Ia mengungkapkan pengawasan intensif terhadap jumlah tiket yang dijual oleh operatur agar tidak melibihi kapasitas angkut melalui pelaksanaan cek in terhadap calon penumpang. “Pengamanan pada simpul transportasi meliputi bandara, stasiun, pelabuhan, dan dermaga penyeberangan terutama yang mengalami lonjakan penumpang. Manajemen Operasional Lalu Lintas dan Pengendalian Kecelakaan Lalu Lintas, dan pengamanan perjalanan moda angkutan, dan pengamana pada lokasi wisata,” ungkap Sugiharjo.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan membuka puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk untuk beroperasi 24 jam selama masa angkutan natal tahun 2014 dan tahun baru 2015, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat penyediaan alat berat guna antisipasi longsor/jembatan rusak. (dade)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>