Pasca Pembongkaran Jalan ke Pelabuhan Lancar
By admin On 20 Aug, 2015 At 09:54 AM | Categorized As Uncategorized | With 0 Comments

PelabuhanJAKARTA (TERBITTOP.COM) – Sebanyak 22 bangunan liar 22 di dekat pintu gerbang Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman, Muarabaru, Penjaringan, Jakarta Utara dibongkar petugas gabungan, Selasa (18/8).

Pembongkaran ini dilakukan karena untuk proyek pelebaran Jalan Raya Muarabaru yang selama puluhan tahun menyempit, dengan adanya 800-an bangunan di sisi kanan dan kiri jalan.

Bangunan tersebut sebagian besar merupakan bangunan bertingkat dan permanen, hancur-lebur rata dengan tanah setelah dibuldoser petugas.

Pembongkaran yang dipimpin Kordinator Waduk dan Sungai R Heryanto dan Camat Penjaringan Yani Wahyu Purwoko berlangsung kondusif karena didukung warga resmi RW 07 Penjaringan. Sedangkan mantan penghuni telah direlokasi di lantai dasar Rusunawa Muarabaru.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok telah memerintahkan petugas dari unsur Pemprov DKI, Walikota Jakut, dan Kecamatan Penjaringan, untuk terus mengerjakan proyek itu hingga tuntas.

Ahok menjelaskan proyek pelebaran Jalan Muarabaru merupakan satu paket dengan proyek normalisasi Waduk Pluit yang terletak bersebelahan.

“Proyek ini untuk kepentingan masyarakat luas dalam rangka antisipasi banjir, macet, penghijauan, dan ekonomi,” ujar Ahok yang selalu memonitor perkembangan proyek Waduk Pluit yang menjadi salah satu program unggulannya.

Camat Yani menambahkan bahwa khususnya proyek pelebaran Jalan Muarabaru sepanjang 2,1 kilometer berjalan sesuai target.

“Kami bersama seluruh petugas terkait tanpa henti mengerjakan kegiatan seperti sosialisasi, merelokasi warga ke rusun, menertibkan bangunan liar, pengurukan dan pengecoran jalan,” ujar Yani.

Pihaknya juga bersyukur Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta telah membangun hunian di lantai dasar Rusunawa Muarabaru.

Heryanto menyampaikan terima kasih kepada warga yang mendukung kelancaran kegiatan, termasuk Ketua RW 07 Gustara. “Berkat dukungan masyarakat, kegiatan makin lancar,” kata Heryanto sambil menambahkan setelah puluhan bangunan dibongkar, akses pintu gerbang pelabuhan perikanan terbesar di Asia Tenggara menjadi lancar.

“Warga mendukung karena tahu proyek ini bukan untuk kepentingan aparat melainkan masyarakat umum,” tambahnya.

Sejak mengawali proyek peninggian dan pelebaran Jalan Muarabaru awal 2015, pihaknya sudah membongkar 800-an bangunan, mulai dari gubuk sederhana sampai bangunan beton bertingkat.

“Sekarang tinggal 30-an bangunan lagi di sisi barat yang akan segera dibongkar untuk menuntaskan proyek Jalan Muarabaru,” kata Heryanto.

Meski proyek belum tuntas namun sudah terlihat hasil signifikan. Akses jalan antara pelabuhan dan Jalan Gedong Panjang sudah jauh lebih lancar. Padahal dulu macet sekali sehingga banyak dikeluhkan masyarakat. (yoyok)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>