Kali Ciwilung Akan Dijadikan Tempat Pariwisata
By admin On 19 Sep, 2015 At 05:16 AM | Categorized As Jakarta Timur, METRO | With 0 Comments

kali ciliwung1JAKARTA (TERBITTOP.COM)- Kali Ciliwung bakal dibenahi,sehingga menjadi tempat pariwisata dan berguna untuk masyarakat Jakarta. Hal ini dikatakan Gubernur DKI, Ahok di Balaikota, Jumat. Caranya dengan menjadikan Kali Ciliwung sebagai sumber air baku untuk Jakarta. Namun untuk merealisasikan hal itu perlu dilakukan normalisasi sungai agar kondisi air bisa lebih baik.

“Kita bisa liat di musim kemarau saja airnya tidak kering. Kita akan mulai manfaatin Sungai Ciliwung. Makanya, harus normalisasi Sungai Ciliwung. Kita ngomong jujur, Ciliwung adalah berkah untuk orang Jakarta, bukan bencana,” kata Ahok di Balaikota, Jumat (18/9).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku saat musim kemarau seperti saat ini, Jakarta bisa tetap memanfaatkan Sungai Ciliwung. Terlebih saat ini Bendung Katulampa sudah kering. “Di Katulampa ternyata waktu kemarau nggak ada air. Makanya kita coba dari Jatiluhur dan kita mau manfaatkan Ciliwung,” ucapnya.

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta bersama dengan pemerintah pusat tengah melakukan normalisasi sungai. Namun beberapa warga yang berada di badan dan bantaran sungai harus di relokasi. Pemprov DKI juga telah menyiapkan rumah susun sebagai tempat relokasi warga.

“Musim kemarau begitu panjang, Ciliwung masih kencang dan deras airnya. Artinya sumber air Ciliwung itu luar biasa buat Jakarta. Tapi, kenapa tidak bisa dimanfaatkan buat air. Makanya kita harus melakukan normalisasi Sungai Ciliwung,” katanya.

Ahok pun meminta dukungan dari berbagai kalangan untuk dapat menormalisasi sungai. Termasuk warga yang berada di badan dan bantaran sungai untuk mau direlokasi.(yoyok)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>