Inul Kembali Tersandung Kasus Hukum
By admin On 3 Nov, 2015 At 11:43 PM | Categorized As Selebriti | With 0 Comments

Inul DaratistaJAKARTA (TERBITTOP.COM) — Kembali Inul Vizta kena kasus hukum. Kali ini, rumah karaoke Inul Daratista itu dilaporkan lima pencipta lagu, masing-masing Papa T Bob, Ryan Kyoto, Wahyu WHL, Youngki RM, dan Rudy Loho. Laporan yang dilayangkan mereka ke Bareskrim Mabes Polri itu berlangsung Selasa (3/11).

Yang dituntut adalah hak penggandaan atau mechanical rights, yang selama 10 tahun tidak kunjung dibayar Inul. Selain rumah karaoke Inul, Papa T Bob dkk melaporkan dua rumah karaoke lain.

“Kita atas nama beberapa pencipta ingin melaporkan secara pidana beberapa perusahaan hiburan karaoke, karena diduga telah melakukan pelanggaran hak cipta, terutama di mechanical right (penggandaan) terhadap lagu-lagunya di usaha karaoke, di antaranya Inul Vizta, Happy Puppy, dan Nav. Bukti sudah kita kantongi,” kata Hulman Panjaitan yang menjadi kuasa hukum.

Menurut Hulman, yang dibayarkan ketiga rumah karaoke selama ini hanya baru performing rights. Sedangkan mechanical rights kelima pencipta lagu senior itu belum sepeser pun menerimanya.

Tapi, Direktur Legal Inul Vizta Herman Kamal menanggapi pelaporan itu dengan menyatakan pihak Inul telah membayar royalti sesuai dengan ketentuan dari Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).

“Sudah lakukan semua, sudah bayar royalti semua sudah. Peraturan baru kita harus bayar Rp12.000 ke LMK, Rp6.000 per hari, per kamar, dan satu outlet untuk hak cipta dan Rp6.000 lagi ke hak terkait dan diatur melalui LMK. Jika ditotal, bisa Rp 12 miliar dalam setahun,” kata Herman.

Kasus Kebakaran

Di luar perkara hak penggandaan di rumah karaokenya, Inul juga terancam dilaporkan untuk perkara tewasnya 12 pengunjung karaoke Inul Vizta di kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, 25 Oktober 2015 dini hari.

Inul diberi waktu tiga hari untuk minta maaf. “Kalau tak minta maaf dalam 3x 24 jam, saya laporkan Inul ke Bareskrim Polri,” kata Andar Situmorang, seorang pengacara.

Inul dilaporkan, karena pedangdut asal Pasuruan, Jawa Timur, itu dinilai berbohong ke publik. “Dia (Inul) itu seolah-olah pemilik Inul Vizta di seluruh Indonesia.”

“Padahal dia tak punya saham satu persen pun. Saham yang dia punya hanya InulVizta di Kelapa Gading. Itu pun hanya 10 persen,” kata Andar. (lie/mer)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>