Biaya Makam di Jakarta Capai Rp2,5 Juta Satu Lubang
By admin On 5 Nov, 2015 At 03:20 AM | Categorized As Jakarta Utara, METRO | With 0 Comments

tpu 1JAKARTA-(TERBITTOP.COM)–Biaya hidup di kota metropolitan seperti Jakarta ternyata tidak murah dan mudah. Semua keperluan harus pakai uang, kecuali buang angin (kentut) bahkan orang yang meninggal untuk dikubur pun biayanya tidak sedikit. Bukan saja ratusan ribu, melainkan sampai jutaan rupiah.

Lihat saja di tempat TPU (Tepat Pemakaman Umum) Budi Dharma, Kec. Cilincing, Jakarta Utara bisa mencapai Rp 2,5 juta dengan ukuran 2×1 meter2. Memanfaatkan orang yang sedang dilanda kesedihan tentu melanggar aturan, baik etika agama maupun pemerintahan.

Namun mereka tetap saja menjalankan pemunggutan, kalau dilihat di lapangan TPU Budi Dharma tergolong susah untuk mencari lahan kosong untuk pemakaman. Kecuali tanah yang sering dilanda banjir (rop) air laut, yang letaknya berdekatan dengan pantai utara Cilincing masih ada ditemukan tanah kosong, biasa disebut blok C.

Walaupun dikatakan kosong di bagian klas A tetapi ada pekerja TPU, Maman yang bisa mencarikan tanah tersebut, tentunya dengan uang. Harganya pun tak tanggung-tanggung mencapai Rp 2,5 juta sudah dalam satu paket.”Ya kalau dipaketin tinggal beres Rp 2,5 juta Pak,” aku Maman.

Dengan rincian, Rp 300 ribu buat yang gali kubur, Bank DKI Rp 100 ribu, tenda dari luar TPU Rp 500 ribu dan Rp 1,5 juta untuk pemadatan, rumput serta batu nisan. Menurut Maman, sekarang sudah sulit untuk mendapatkan rtempat yang strategis karena TPU Budi Dharma sudah mengalami overload (kelebihan). Karena yang masih tersisah lahan hanya ada di blok AA II, di mana tanahnya campuran pasir dan letaknya di perbatasan dengan blok Kristen.

“Ya itu sewa tenda, gali makam, rumput dan batu nisan sudah tersedia, jadi keluarga ahli waris tinggal datang ke PTSP yang ada di kelurahan dan membayar retribusi pemakaman saja. Untuk urusan dengan Kepala TPU sudah aman,” kata Maman.

Sedangkan berdasarkan Perda No 1 tahun 2006 tentang retribusi dan biaya pemakaman untuk blok AAI sebesar Rp. 100.000, Blok AAII Rp. 80.000, Blok AI Rp. 60.000, Blok AII Rp. 40.000, Blok AIII Rp. 0 (untuk golongan tidak mampu)

Sementara itu, Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Utara, Yati Suharti ketika dikonfirmasi mengatakan , jikapun ada persoalan seperti itu, pihaknya tidak mampu menyelesaikan dengan sendiri. Kecuali dibantu dengan pihak lain.

“Kita tidak bisa menyelesaikannya sendiri, ini sudah bentuk ketidaknyamanan. Karena itu saya harus ada koordinasi dengan instansi lain,” kata Yati.

Diakui oleh, Yati untuk persoalan seperti ini dirinya sudah mengetahui dan juga sering terjadi di wilayah lain. Namun untuk di Jakarta Utara, pihaknya tidak bisa menyelesaikan dengan cepat. (yoyok)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>