Izin Belum Lengkap KA Cepat Tertunda
By admin On 10 Feb, 2016 At 01:48 AM | Categorized As Perhubungan | With 0 Comments

Kereta Api Cepat11JAKARTA (TERBITTOP.COM) — Pemerintah Indonesia mengatakan pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung tertunda karena ada dua perizinan yang belum selesai, yaitu izin konsesi dan izin pembangunan.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, izin konsesi terkait penyelenggaraan prasarana perkeretaapian umum saat ini masih dalam pembahasan.

Hal itu diutarakannya dalam jumpa pers bersama Kepala Staf Presiden, kementerian terkait, dan PT Kereta cepat Indonesia Cina (KCIC), di Jakarta, Selasa (09/02) siang.

Jonan menjelaskan sejumlah hal yang dibahas termasuk masa konsesi. Hal itu, kata Jonan, tergantung pada kajian atas studi kelayakan ekonomis maupun teknis yang diajukan PT Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) sebagai pemrakarsa.

Miniatur kereta cepat Jakarta-Bandung yang disiapkan oleh pihak pelaksana proyek dari Cina.

“Saya sudah minta KCIC, coba buat kajian keuangan dan teknis lengkap. Yang mau diajukan ke kita itu yang bagaimana,” kata Jonan. Dia meminta KCIC juga melibatkan pihak ke tiga yang independen dalam studinya.

Selain itu, dia mengatakan PT KCIC baru mengajukan rincian pembangunan untuk lima kilometer. “Masak trase 142 km bikin detail desainnya 5 km… Ya sekurang-kurangnya 35-lah,” tambahnya.

Adapun dari aspek lingkungan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyatakan tidak ada masalah dengan Amdal dan tata ruang, walaupun PT KCIC diminta melengkapi sejumlah hal.

“Pertama, melengkapi data fisik lapangan termasuk gerakan tanah, gempa, dan curah hujan. Kedua, melakukan kembali sosialisasi dengan masyarakat. Ketiga, segera menyelesaikan kajian lingkungan hidup strategis,” kata Siti Nurbaya. (bc)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>