Kemlu Siapkan Strategi RI Hadapi Kebijakan Baru AS
By admin On 12 Nov, 2016 At 01:31 AM | Categorized As INTERNASIONAL | With 0 Comments

menluJAKARTA-(TERBITTOP.COM) Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia menunggu kebijakan baru pemerintah Amerika Serikat di bawah pimpinan presiden terpilih Donald Trump. Pemerintah tengah menyiapkan berbagai kemungkinan yang akan dihadapi Indonesia terkait dengan kebijakan Presiden AS ke-45 itu.

Menurut Retno, dunia juga tengah menunggu arah kebijakan pemerintahan Trump ke depan, terutama negara-negara yang selama ini menjalin kerja sama dengan Amerika Serikat.

“Saya kira bukan hanya Indonesia yang menunggu, tapi dunia juga menunggu bagaimana nantinya pemerintah baru Amerika Serikat ini memformulasikan kebijakan-kebijakannya yang menyangkut hubungannya dengan negara lain,” kata Retno usai rapat koordinasi tingkat menteri di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (11/11).

Dia menyampaikan, meski Trump sudah dinyatakan sebagai pemenang pilpres, ada beberapa proses yang mesti dilalui sebelum Trump dilantik pada Januari mendatang.

Retno mengatakan pihaknya telah mengidentifikasi berbagai kemungkinan yang akan dihadapi dan strategi yang akan dipakai untuk merespons pola pemerintahan baru AS.

“Jadi kita tunggu bagaimana nanti. Tetapi internal kami terus melakukan exercises jika A maka begini, jika B maka begini, baik dengan think tank, kalangan swasta, dengan semuanya saya lakukan. Semuanya saya potretkan segala kemungkinannya, bagaimana nanti kira-kira respons kita,” katanya.

Dia tak ingin berkomentar terkait berbagai retorika kontroversial dan diskriminatif yang kerap dilontarkan Trump selama masa kampanyenya, terutama soal perempuan, kaum marjinal, imigran, bahkan umat Muslim.

“Sekali lagi kita harus menunggu formulasi kebijakannya,” ujar Retno. (cnn)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>