Dwiki : Wajar Ada Genre Lain di Festival Jazz
By admin On 8 Mar, 2017 At 04:01 AM | Categorized As Musik | With 0 Comments

musik-jazzJAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Sebagai salah satu musisi jazz senior yang nyaris tidak pernah absen dari festival jazz seperti Java Jazz, Dwiki Dharmawan ternyata merasa adanya genre lain selain jazz adalah sebuah kewajaran.

“Saya melihat untuk tahun ini 70 persen sudah jazz, tentu lebih banyak akan lebih baik. Namun sangat wajar ada genre lain, seperti Iwan Fals,” kata Dwiki saat ditemui CNNIndonesia.com usai penampilannya di Java Jazz Festival 2017, Minggu (5/3).

“Karena suatu perhelatan jazz perlu menarik penontonnya dan ada pembelajaran bagi yang belum biasa menonton jazz sehingga nantinya tertarik,” lanjutnya.

Musisi jazz yang juga anggota grup Krakatau itu menilai adanya lintas genre bukan hanya memperkaya sebuah pagelaran festival musik, melainkan juga membantu musisi jazz seperti dia berkembang.

Seperti yang dialami oleh Dwiki, dengan tampil di festival jazz yang berisi lintas genre dan bertaraf internasional, ia dapat bertemu dengan musisi, promotor, dan agen musik lainnya.

Dwiki mengaku pernah berkolaborasi dengan musisi jazz asal Polandia pada 2016, kemudian pemenang Grammy Bobby McFerrin (2015), dan lainnya.

Dan sebagai hasil ‘bermain’ selama 13 tahun main di festival jazz internasional, Dwiki dapat menampilkan karya baru hampir setiap tahun dan ia pertontonkan di atas panggung acara musik tersebut.

“Ini bisa jadi jembatan, menyambungkan musisi Indonesia dengan dunia, juga kebalikannya. Tergantung masing-masing memanfaatkannya.”

Namun sebagai musisi jazz yang telah berkarya sejak 1985, Dwiki juga punya harapan tersendiri akan sebuah festival jazz.

Terlepas dari upaya menarik penonton untuk lebih mengenal jazz dan regenerasi musisi jazz yang tidak sekilat pop, Dwiki juga berharap adanya festival genre yang berasal dari Amerika Serikat ini dapat memperdalam pengetahuan masyarakat tentang jazz.

“Yang penting festival ini bisa mewakili seluruh genre yang ada di dalam jazz,” kata Dwiki.

“Kalau dilihat di akar pohon jazz, itu cabangnya banyak dan dapat ditemukan di festival jazz, mulai dari Brazilian music, electronic jazz, multiculture jazz, sampai ethnic jazz.”.(cnn)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>