MAKI: Kajari Samarinda Layak Dicopot
By admin On 14 Nov, 2017 At 05:29 AM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

kajari-samarinda
Kepala Kejaksaan Negeri Samarinda, Retno Harjantari. (foto :Tribun Kaltim)

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Koordinator LSM Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menilai Kajari Samarinda Retno Harjantari Iriana layak dicopot dari jabatannya menyusul dipecatnya Kasi Intel Kejari Samarinda Bramantyo karena diduga melakukan pelanggaran disiplin berat sebagai pegawai negeri sipil.

Menurut Boyamin kepada wartawa belum lama ini Retno harus dicopot dari jabatannya karena bersangkutan tidak kredibel lagi memimpin Kejari Samarinda setelah lalai dalam mengawasi anak buahnya.

“Jadi kalau hanya sekedar dikenai sanksi hukuman disiplin misalnya penurunan pangkat jelas tidak cukup. Tapi harus dicopot dan diganti dengan orang lain yang lebih kredibel dan berintegritas,” tuturnya.

Dikatakan juga Boyamin jika ditemukan unsur pidana korupsi dilakukan Kasi Intel Kejari Samarinda maka yang bersangkutan harus diproses secara hukum.

“Jadi tidak sekedar dipecat,” katanya menanggapi pernyataan Jaksa Agung HM Prasetyo yang memecat satu jaksa terperiksa di Kejari Samarinda karena melakukan pelanggaran disiplin berat saat menangani kasus dana hibah Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Kaltim senilai Rp 35 miliar tahun 2013.

Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta Jumat (10/11) memang tidak menyebut nama jaksa yang dipecat. Dia hanya menyatakan salah satu dari tiga jaksa terperiksa dikenai sanksi yaitu diberhentikan setelah selesai diperiksa Aswas Kejati Kalimantan Timur.

Sedang dua jaksa terperiksa lainnya dikenai hukuman sanksi disiplin berat dan sedang. Keduanya yaitu Kajari Samarinda Retno Harjantari Iriana dan Kasi Pidana Darwis Burhansyah

Prasetyo menegaskan pihaknya tidak akan kompromi terhadap para jaksa yang salah. “Jadi kita tidak ada kompromi. Jaksa salah kita kenakan sanksi. Ini bukti komitmen kejaksaan kita akan menertibkan diri sebelum menertibkan orang lain” katanya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim, Fadil Zumhana saat dihubungi membenarkan adanya pemecatan salah satu jaksa. “Sesuai penjelasan pak Jaksa Agung, maka BR (Bramantyo–Red) dipecat,” katanya.(did/haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>