Setahun Tak Dapat Pesangon,33 Buruh PT MASJ Ngadu ke Jokowi
By admin On 16 Nov, 2017 At 03:04 PM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

buruhMANGGAR – (TERBITTOP.COM)- Sebanyak 33 buruh PT.MASJ yang terkena PHK tanpa pesangon di Kabupaten Belitung Timur Prov. Kep. Babel mengadu ke Presiden Jokowi lantaran sudah setahun terlantar tidak dibayar. Sebelumnya permasalah ini sudah dibahas hingga Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza sempat mengeluarkan keputusan 21 Maret 2017 lalu agar perushaan tersebut membayar, namun tindakan PHK sepihak ini belum juga selesai.

Koordinator 33 buruh yang di PHK tersebut,Riswan kepada TERBITTOP belum lama ini menegaskan berharap Presiden Jokowi memerintahkan Kemendagri dan Kemenaker turun ke Beltim mengusut kasus ini. Sebelumnya Wakil Bupati Beltim Drs. Burhanuddin ( Aan) telah mempertemukan karyawan PT.MASJ dengan Komisaris, direktur PT. MASJ,Disnaker dan dinas terkait perusahaan harus membayar pesangon sesuai UU ketenagakerjaan, tenggat waktu 1 minggu oleh Wakil Bupati, tetapi tidak diindahkan perusahaan.

Bahkan DPRD Beltim telah memfasilitasi pertemuan karyawan PT.MASJ dengan Komisaris, direktur, Disnaker dan dinas terkait lainya dengan 6 kesimpulan salah satunya, perusahaan harus menyelesaikan pesangon.
“Karyawan dengan batas waktu 3 bulan tetapi setelah 3 bulan tetap tak diindahkan dari perusahaan,”papar Riswan.

Bahkan lanjutnya Wakil Bupati Beltim kembali memanggil pihak karyawan denga direktur, Komisaris, Disnaker dan dinas terkait lainnya untuk kembali menyelesaikan persoalan pesangon karyawan PT.MASJ dengan batas waktu 3 bulan dengan konsekuensinya 3 bulan tidak bisa menyelesaikan maka persoalan ini akan diseret ke pengadilan.

“Tapi setelah 3 bulan perusahaan tetap tidak mengindahkan kesanggupan membayar pesangon 2 Bulan gaji dan konsekuensinya dari Wakil Bupati setelah 3 bulan jika tidak bisa menyelesaikan akan dibawa permasalahan ini ke pengadilan tidak ada realisasinya,” tandas Riswan

Menurut dia PHK secara sepihak dari perusahaan ada yang bekerja lebih kurang 8 tahun dibayar pesangon 2 bulan gaji. Sesuai UU Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2013 dan UU nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal Seharusnya investor mematuhi. Jumlah karyawan keseluruhan lebih kurang 139 orang status pegawai tetap karena adanya intimidasi dari berbagai pihak yang dipelopori dari managemen perusahaan dan dibantu dinas terkait, sebagian dari 139 orang karyawan mau menerima pesangon 2 bulan gaji, yang tersisa tertahan tinggal 33 orang.

“Kami 33 orang karyawan yang tersisa memohon bantuan Bapak Presiden untuk menyelesaikan permasalahan kami ini , 1 tahun lebih tidak adanya penyelesaian atau titik terang dari permasalahan ini,”ungkap Riswan.

Bupati Beltim Yuslih Ihza, SE membuat surat teguran pertama kepada perusahaan atas semua persoalan perusahaan dengan karyawan PT.MASJ agar supaya perusahaan mau menyelesaikan tetap tidak diindahkan oleh perusahaan.(yustami)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>