KPK Lakukan Pembantaran Setya Novanto di RSCM
By admin On 17 Nov, 2017 At 02:59 AM | Categorized As Hukum | With 0 Comments

novanto Setya Novanto.(foto:merdeka.com)

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Karena masih dalam kondisi sakit akhirnya KPK melakukan pembantaran terhadap Setya Novanto di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo(RSCM).Sebelum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka korupsi KTP elektronik.

Ketua DPR Setya Novanto saat ini masih berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Ia menjalani pengecekan sejumlah kondisi kesehatan dengan menjalani CT scan. Setya Novanto sebelumnya dipindahkan dari Rumah Sakit Permata Hijau Jakarta yang dirawat sejak Kamis (16/11) malam pasca-kecelakaan.

“Setya Novanto ditahan selama 20 hari terhitung 17 November sampai 6 Desember di Rutan Negara Kelas 1 Jakarta Timur Cabang KPK,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah sepeti dilansir Antara di Jakarta, Jumat.

KPK sempat memperlihatkan surat perintah penahanan namun tersangka menolak sehingga dibuatkan berita acara penolakan penahanan. Berita acara penahanan ditandatangani penyidik dan dua saksi dari RS Medika Permata Hijau.Setelah itu, penyidik membuat berita acara tersebut diserahkan satu rangkap kepada istri Novanto, Deisti Astriani Tagor.

“Berita acara penolakan penahanan dan juga tidak ditandatangani Novanto dan salinan berita acara itu kembali diserahkan kepada Deisti,”kata Febri.

Selama pembantaran penahanan itu, Novanto akan berada di dalam proses perawatan di RSCM dengan penjagaan tim KPK dan Polri

Sebelumnya saat diRumah Sakit Permata dan menuju ke RSCM pengamanan terhadap Setya Novanto cukup ketat. Pada Jumat (17/11) pagi, pihak rumah sakit memasang garis pembatas berwarna merah di depan lorong menuju ruangan Setya Novanto.Selain garis pembatas, polisi lengkap dengan senjata laras panjangnya juga berjaga di ruangan VIP B, tempat Ketua Umum Partai Golkar dirawat.

KPK juga akan berkoordinasi dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dalam penanganan kesehatan tersangka.Seperti diketahui, Novanto dilarikan ke RS Medika Permata Hijau setelah mobil yang dia naiki mengalami kecelakaan di sekitar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tersangka Setya Novanto selaku anggota DPR RI periode 2009-2014 bersama-sama dengan Anang Sugiana Sudihardjono, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Irman selaku Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri dan Sugiharto selaku Pejabat Pembuat Komitment (PPK) Dirjen Dukcapil Kemendagri dan kawan-kawan.

Untuk kedua kali tersangka mengajukan praperadilan atas status tersangka korupsi e-KTP di Pengadilan Negeri Jakaarta Selatan. Humas PN Jaksel Made Sutrisna membenarkan Setya Novanto mendaftarkan praperadilan pada 15 november lalu. “Benar ada pendafatran gugatan praperadilan,”kata Made seperti dilansir Cnninodnesia.com,kamis.(ris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>