Kejati Jawa Timur Akan Launching Penggunaan Rutan
By admin On 16 Feb, 2018 At 01:30 PM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

rutan-kejati-jatimDENPASAR-(TERBITTOP.COM)-Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ini akan melaunching penggunaan Rumah Tahanan (Rutan) Negara yang merupakan Cabang dari Rutan Kelas I Surabaya pada Senin (19/2). Rutan yang terletak dalam komplek halaman perkantoran Kejaksaan Tinggi Surabaya ini mampu menampung jumlah tahanan pidana korupsi sebayak 60 orang dengan sarana fasilitas yang sama dengan rutan kelas I rumah tahanan negara lainnya.

“Rencanannya akan kita lounching pada Senin 19 Pebruari 2018 karena kelengkapan fasilitas dan administrasi sudah selesai. Bahkan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Rutan nya dari Kementerian Hukum dan HAM sudah diterima.Kepala Cabang Rutannya adalah Kasubag Kamdal,”kata Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ES.Maruli Hutagalung SH MH kepada TERBITTOP di sela-sela mengikuti Diskusi Tematik Penguatan Kejaksaan di Denpasar Bali, Kamis (15/2).

Dengan diresmikan penggunaan rutan ini kata ES Maruli Hutagalung, maka kini sudah ada tiga Rumah Tahanan Cabang yang berada di dalam halaman Kantor Kejaksaan, yang kelasnya sama dengan Rumah Tahanan (Rutan) Negara. Yakni pertama Cabang Rutan yang berada di halaman kantor Kejaksaan Agung, yakni Rutan Cabang Salemba yang berada di Kejaksaan Agung dan kedua Rutan Cabang Salemba yang berada di Kantor Kejari Jakarta Selatan dan ketiga Cabang Rumah Tahanan Kelas I Surabaya di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

“Setelah dilakukan perbaikan gedung dan ada dana pengoperrasiannya,kita menyurati Kemenkum dan HAM. Kini Cabang Rutan telah ditetapkan Kepala Rutannya. Keputusan Menteri Hukum dan HAM No SEK-52.KP.03.03 TAHUN 2017 tanggal 11 Desember 2017 mengangkat Dedy Iriawan Christianto SH, Kasubab Kamdal sebagai Kepala Cabang Rutannya,” jelas ES Maruli Hutagalung.

Selain itu jelas ES Maruli rumah tahanan ini sudah ada anggaran dari Kejaksaan Agung sebesar Rp300 juta setahun dengan fasilitas kamar dan enam ruang kamar mandi yang lumayan banyak. Saat ini sudah dimanpaatkan sudah ada delapan tahanan kasus tindak pidana korupsi mengisi rumah tahanan ini.

“Karena kondisinya sudah baik maka langsung kita manpaatkan,”ujar ES Maruli Hutagalung.

Sebelumnya ungkap ES Maruli kondisi ruang tahanan ini, sudah ada sejak tahun 2015 sesuai Keputusan Menkum dan HAM namun karena kurang dimanpaatkan kondisinya agak rusak,tetapi sekarang sesudah ada perbaikan kini kondisi sudah bagus dan siap digunakan.

Cabang Rumah Tahanan Negara pada Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ini ditetapkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dengan Keputusan Menteri NO M.HH-07.0T.01.02 Tahun 2015 tertanggal 23 Seftember 2015. Tahanan yang ditempatkan pada Cabang Rutan ini merupakan tahanan yang melakukan tindak pidana korupsi.(haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>