Kegiatan PKK Dapat Memberi Kontribusi Pembangunan Bumdes
By admin On 20 Feb, 2018 At 02:39 AM | Categorized As Kesra | With 0 Comments

psx_20180220_093433JAKARTA-(TERBITTOP.COM)- Ketua Dewan Penasehat MenDes PDTT Haryono Suyono didampingi staf pribadinya, Dr. Mulyono D Prawiro, diterima oleh Dirjen Bina Pembangunan Desa Kementerian Dalam Negeri, Nata Irawan yang didampingi oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa, Budi Antono dan Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa, R Gani Muhammad di kantornya di bilangan Pasar Minggu Jakarta, kemarin.

Pertemuan yang berlangsung akrab tersebut dimulai dengan mengingat kembali masa-masa indah kerja sama antara jajaran Kementerian Dalam Negeri dengan BKKBN dalam memperkenalkan gerakan KB kepada masyarakat selama puluhan tahun yang lalu dengan berhasil.

Tidak jarang pegawai BKKBN disangka sebagai pegawai Kementerian Dalam Negeri dan tidak jarang pula pegawai Kementrian Dalam Negeri sebagai pegawai BKKBN karena kedua instansi yang saling bekerja sama secara erat dan saling mengisi.

Sebelumnya Haryono Suyono selaku Penasehat Menteri Desa PDTT telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo serta Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo secara santai.

Pertemuan itu bertujuan membahas pembangunan desa yang sedang digalakkan dewasa ini yang dimasa lalu antara lain dilakukan bersama oleh Kementerian Dalam Negeri, utamanya bersama PKK pada tingkat desa, dalam mengajak pasangan usia subur menjadi akseptor KB.

Haryono Suyono mengatakan kerjasama itu menghasilkan akseptor KB dan kegiatan para ibu dalam membangun ekonomi rumah tangga dalam wujud produksi dari bahan-bahan yang berasal dari desa.

“Produksi itu banyak yang laku jual dan memberi masukan yang berarti buat orang desa. Selain kegiatan PKK yang berhasil itu bisa menjadi bagian yang sangat penting dalam pembangunan Bumdes yang ada di desa apabila dikembangkan dengan sungguh-sungguh,” jelas Haryono Suyono

Dikatakan, gagasan itu dapat diterima dengan baik oleh kedua Menteri, sehingga pembicaraan dengan Dirjen dapat ditingkatkan menjadi suatu diskusi yang menarik bersama Ketua Tim Pengerak PKK untuk ditindak lanjuti.

Selain itu lanjut Haryono setelah dilakukan pembahasan yang lebih rinci akhirnya disepakati bahwa gagasan memasukan kegiatan PKK dalam upaya pembangunan usaha desa dalam Bumdes bisa dibahas lebih lanjut untuk menjadi bagian kontribusi PKK dalam pembangunan ekonomi pedesaan dengan melibatkan para ibu di desa dalam peran yang makin menonjol.

“Peran itu dapat dimulai dengan pelatihan dan praktik usaha ekonomi mikro atas produk yang laku jual dan menguntungkan pembuat produknya dan yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujar Haryono Suyono.(haris).

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>