Berkat TP4D, Proyek PUPR Kota Bekasi Bisa Hemat Rp1 Miliar
By admin On 7 Mar, 2018 At 01:03 AM | Categorized As Botabek | With 0 Comments

psx_20180307_080022BEKASl – (TERBITTOP.COM)-Pembangunan dua proyek SKPD kota Bekasi yang terkait dalam pembebasan lahan, proyek folder Aren (bendungan penampungan air) Bekasi Timur dan proyek pelebaran jalan Pasar Rebo-Komsen Jatiasih sempat terjadi sengketa kepemilikan, kini berjalan lancar setelah dikawal TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah) Kejaksaan Kota Bekasi.

“Pembebasan lahan untuk kedua proyek itu memang terjadi hal yang krusial karena bukan saja warga pemilik tanah tadinya menolak dan sampai saling gugat ke pengadilan, dan kini masih dalam tahap banding, juga ada lima bidang tanah yang belum dibebaskan untuk jalan terjadi kendala seperti utiliti kabel listrik,kabel Telkom,gardu dan tiang listrik yang terkena pembebasan jalan Komsen Jati Asih harus dipindahkan memerlukan waktu lama tetapi atas musyawarah warga bersama TP4D hanya dalam waktu singkat hanya kurang dua minggu dapat terselesaikan dan kedua proyek itu kini berjalan lancar ,” ungkap Kajari Kota Bekasi Didi Suhardi SH MH kepada TERBITTOP di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dia mengungkapan, peran TP4D baru berjalan dan optimal di era nya sejak bertugas di kota Bekasi, baru ada 31 kegiatan dengan total proyek yang dikawal berjumlah hampir Rp507 miliar, keseluruhan dari proyek SKPD Kota Bekasi.

Untuk proyek pembebasan lahan yang berasal dari Dinas PUPR Kota ada dua yang tadinya terhambat karena pembebasan lahan dan sengketa kepengadilan tetapi sudah lancar sekarang.

“TP4D mendapat penghargan dari walikota Dr Rahmat Effendi atas prestasi tersebut. Kerena menurut mereka dari SKPD, kasus kasus seperti ini tanpa ada kawalan TP4D bisa berbulan bulan lamanya tertunda apalagi ada sengketa kepemilikan yang saling gugat serta ada juga gugatan perdata dari pihak lainnya,” jelas Didi Suhardi yang didampingi Ketua TP4D Febrianda Ryendra SH.

Diungkapkan kendala pembebasan lahan Polder Aren Jaya yang kini sudah berjalan, sebelumnya pada tahap awal dibangun terjadi sengketa. Dan saat mau dilanjutkan tahap kedua warga yang bersengketa melakukan penolakan.

“TP4D turun ke lapangan bersama pelaksana dan warga pemilik melakukan musyawarah. Kini proyek yang bernilai sebesar Rp10 miliar itu bisa berjalan walau masih dalam tahap sengketa banding di pengadilan dimana, baik penggugat dan tergugat dari ahli waris serta pemerintah daerah sudah saling sepakat, meski terjadi sengketa gugatan warga yang bersengketa setuju dilanjutkan dibangun proyek itu walau masih dalang proses banding dan pemerintah juga sudah mempersiapkan dana siapa yang nanti menjadi pemenangnya dibayarkan,” kata Didi.

Bahkan menurut Ketua TP4D Febriandra Ryendra dalam pembebasan ini ada penghematan uang negara bisa ditekan sebesar lebih kurang Rp1 miliar.

“Disini peran optimal dan manpaat TP4D melancarkan proyek tersebut dan memberi penghematan keuangan negara,” jelasnya.

Kajari Didi mengungkapkan Tim TP4D yang mengawal proyek pembangunan infrastruktur dan konstruksi lainnnya adalah tim gabungan Pidsus, Datun dan Intel berjumlah 10 orang jaksa, juga menemukan hal krusial dalam proyek pelebaran jalan Pasar Rebo-Komsen Jatiasih.

“Pembebasan lahan yg masih ada 5 bidang tanah belum terselesaikan serta dananya juga belum turun dalam anggaran tambahan, setelah musyawarah dihadiri TP4D didapat kesepakatan diatasi dulu Kontraktor karena warga meminta pembayaran sehingga proyek jalan kini berlanjut lancar, “jelas Didih.

Bahkan adanya kendala saluran air yang akhirnya bisa dibelokkan ketanah mini market sudah terselesaikan secara baik dan kini sudah dibangun saluran air, dengan hasil pendekatan TP4D.

Sedangkan pendapat hukum atau legal opinion lain yang diberikan menyangkut penghentian lima proyek oleh pemerintah kota. Ada lima proyek dihentikan pemerintah kota ada kesalahan tehnis setelah mendengar pendapat TP4D, diantaranya proyek fly over Rawa Panjang serta ada proyek lainnya, dimana secara tehnis ada kesalahan dilokasi. (haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>