Jampidum Resmikan Kantor Kas BRI di Kejari Timur
By admin On 4 Apr, 2018 At 12:57 PM | Categorized As Jakarta Timur | With 0 Comments

psx_20180404_192449
Jampidum Dr Noor Rachmad SH MH selaku Ketua PJI sedang memberikan sambutan pada acara peresmia kantor kantor BRI di Kejari Jakarta Timur,Selasa (3/4).

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Guna meningkatkan pelayanan pembayaran denda tilang kini telah hadir kantor Kas BRI yang lokasinya berada di halaman Kantor Kejari Jakarta Timur.

Peresmian kantor Kas BRI Tilang ini oleh Jampidum Dr Nur Rachmad SH MH selaku Ketua PJI ditandai dengan pemotongan pita dan dilanjutkan lounching pembayaran melalui Bank BRI yang letaknya persis disebelah loket pengambilan tilang di halaman gedung Kejari Jakarta Timur, Selasa (3/4).

Hadir pada acara itu Kejati DKI Jakarta Tony.T Spontana.SH.M.hum, Direktur Bank BRI Hubungan kelembagaan, Sis Apik Wijayanto, Kepala Cabang BRI I Nyoman Gede Artha serta Muspika Jakarta Timur dan para Kasi di Kejari Jakarta Timur.

Kajari Jakarta Timur Teuku Rachman SH mengungkapkan kerja sama ini diterapkan sebagai upaya terobosan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam pengambilan tilang.

“Dengan kerjasama ini juga sebagai sarana memperkecil jumlah uang di rekening penampungan yg tidak diambil oleh pelanggar tilang sebelum adanya putusan pengadilan,” jelas Teuku Rachman.

Selain itu diharapkan dengan ada satu lokasi pengambilan kelebihan bayar ini jelas Teuku Rachman, maka masyarakat dapat mendapatkan haknya kembali dan mempermudah jarak pengambilan serta diharapkan tidak terjadinya penumpukan uang direk penampungan sisa kelebihan bayar.

Bagi masyarakat pengguna jalan yang melakukan pelanggaran dan terkena tindakan petugas dengan diberikan lembar tilang warna biru bisa membayar denda di Bank BRI.

Dijelaskan, dengan kerjasama ini Kejaksaan Negeri Jakarta Timur telah menyiapkan tempat/loket pembayaran yang akan langsung diterima oleh petugas dari Bank BRI sesuai dengan denda yang tercantum dalam websitewww.kejari.jaktim.go.id.

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur melayani pengambilan SIM-STNK-KIR kendaraan bermotor terhadap pelanggar lalu lintas yang diputus verstek tanpa kehadiran pelanggar di PN Jaktim dan dapat diambil pada hari dan jam kerja.

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur kata Teuku Rachman melaksanakan penegakan hukum berdasarkan undang-undang.

“Di wilayah ini sedikitnya ada 3000-5000 pelanggar lalu lintas setiap minggu yang diproses masuk kedalam sistem onlene dari Kepolisian,”kata Teuku Rachman.

Jampidum Dr Noor Rachmad SH mengatakan dengan peresmian akan memudahkan bagi pelanggar tilang untuk menyelesaikan
pembayaran denda tilang karena lokasinya berdekatan dengan pengambilan bukti dan memutus mata rantai kongkalikong.

Dalam Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No 12 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas, Pasal 4 dijelaskan “Perkara pelanggaran lalu lintas yang diputus oleh pengadilan dapat dilakukan tanpa hadirnya pelanggar”.

Sistem ini diterapkan guna menghindari praktik percaloan sidang tilang atau praktek pungli, sehingga bagi pelanggar tidak akan bingung lagi dengan biaya yang akan dibebankan dan bisa membuat pelanggar tilang efisien waktu.

Dengan adanya sistem pembayaran melalui Bank BRI yang telah disediakan di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, maka bagi pelanggar / masyarakat akan lebih mudah dan gampang dalam pengambilan STNK dan SIM yang ditilang. (haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>