TAJUK : Menunggu Dalang Korupsi E-KTP
By admin On 19 Jun, 2018 At 01:09 AM | Categorized As Tajuk | With 0 Comments

koran-terbittopSiapa yang tidak tahu di negeri ini pelaku kasus korupsi E KTP yang telah menyeret sejumlah politisi bahkan mantan Ketua DPR-RI Setya Novanto kini telah dihukum karena terlibat suap dalam perkara korupsi E KTP. Kita tahu KPK siang dan malam membongkar kasus ini dan telah menyidangkan para pelakunya hingga terungkap besarnya kerugian negara hingga mencapai Rp2,3 triliun.Sungguh sangat fantastis permainan para koruptor dalam mega kasus ini. KPK memastikan akan mengungkap tuntas siapa dalang dalam kasus ini sebenarnya. Mega korupsi proyek pengadaan KTP telah terungkap di pengadilan Tipikor menyebut sejumlah nama lagi sehingga penyidik mempunyai waktu untuk sampai kepada pelaku intelektual alias otak dari perkara tersebut.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berjanji penanganan perkara ini tidak akan berhenti pada tersangka yang ada yang ditetapkan sebagai tersangka dan dihukum. Ketiganya yakni Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman, Pejabat Pembuat Komitmen pada Dukcapil Kemendagri Sugiharto, dan pengusaha rekanan Kemendagri Andi Naragong. Dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri itu, Irman dan Sugiharto, divonis masing-masing 7 tahun dan 5 tahun penjara. Keduanya dinilai terbukti melakukan korupsi dalam pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Selain itu, Irman diwajibkan membayar denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Sementara, Sugiharto diwajibkan membayar denda Rp 400 juta subsider 6 bulan kurungan. Sementara terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong dihukum 8 tahun penjara. Hakim juga menjatuhkan pidana denda
sebesar Rp 1 miliar subsidair 6 bulan kurungan. Andi Narogong yang merupakan pengusaha rekanan Kementerian Dalam Negeri itu dinilai terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam proyek e-KTP.Saat ini ada delapan terdakwa sudah ditetapkan KPK dalam kasus ini.

Selanjutnya selain memproses Setya Novanta yang kini sudah dihukum, KPK juga sudah memproses keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi dan pengusaha Made Oka Masagung. Pemeriksaan BAP kedua tersangka ini kini sedang berlangsung dan KPK dan sudah memeriksa sejumlah saksi termasuk Ketua DPR-RI Bambag Soesatyo yang sebelumnya sempat mangkir dan baru hadir setelah dipanggil kedua kali oleh KPK.

Jika melihat apa yang diungkapkan Mendagri serta pemeriksan terhadap Ketua DPR RI Bambang Soesatyo,ini menunjukan KPK sudah serius dalam menuntaskan kasus ini namun belum menyebutkan siapa sebenarnya dalang dalam mega kasus korupsi ini ?. Pemeriksaan terhadap Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo sebagai saksi menurut KPK sangat penting karena untuk mendapatkan keterangan kelanjutan untuk mengkonfirmasi sejumlah informasi baru yang muncul dalam persidangan.

Namun kita mengapresiasi langkah KPK dalam memperdalam dan mencari bukti baru dalam kasus ini, apalagi sejumlah nama Politisi disebut menerima uang belum semua dijadikan tersangka.Tentu diperlukan kerja keras untuk mengungkap siapa dalang sesungguhnya dibalik semua ini. Kita berharap langkah penyidik KPK tidak berhenti di delapan terdakwa, tetapi harus menuntaskan karena masih ada nama nama politisi yang belum ditetapkan menjadi tersangka.Kita juga mengharapkan penanganan kasus ini bisa mengembalikan kerugian negara yang sudah diselewengkan.*

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>