Kemeriahan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di SMAN 13 Kota Depok
By admin On 23 Aug, 2018 At 02:02 PM | Categorized As Botabek | With 0 Comments

psx_20180823_202858DEPOK-(TERBITTOP.COM)- Kejaksaan Negeri Depok kembali menggelar kegiatan Jaksa Masuk Sekolah/ JMS. JMS yang bertujuan mengenalkan permasalahan hukum sejak dini kepada para siswa sekolah yang merupakan generasi masa depan bangsa.

Kali ini JMS digelar di SMAN 13 yang beralamat di di Jalan Pedurenan Kota Depok pada Kamis (23/8).

Pelaksanaan JMS di buka oleh Kepsek SMAN 13 Depok Mahyudin dan nara sumber dari Tim Intelijen Kejari Depok yaitu Kasi Intel Kosasih. SH. MH.,H.P. Sidauruk, SH. MH., Siswatiningsih, SH serta Staf Intelijen Kejari Depok.

Materi hukum yang akan disampaikan Jaksa di SMAN 13 yaitu meliputi Pengenalan Lembaga Kejaksaan RI sebagai salah satu institusi penegak hukum, Pemaparan Tupoksi dan kewenangan Jaksa dalam peradilan, Sosialisasi UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan UU No. 35 th. 2014 ttg perlindungan anak serta UU ITE.

Dengan contoh kasus-kasus Narkotika yang menarik perhatian masyarakat, Kenakalan Remaja. Moto Penkum “Kenali Hukum, Jauhi Hukumannya”.

Pemaparan materi JMS disampaikan Kasi Intel Kejari Depok Kosasih SH MH kepada para siswa dilakukan dengan metode aktive learning dilanjutkan tanya jawab.

Pada kesempatan itu Kosasih SH. MH selaku Kasie Intel Kejari Depok sekaligus sebagai Ketua Tim Penkum JMS menjelaskan, tingkat keberhasilan kegiatan penkum yang telah dilaksanakan yaitu agar para siswa/ siswi bisa memahami dan mengerti tentang persoalan hukum sejak dini, sehingga kedepannya para siswa/siswi tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan menjadi warga negara Indonesia yang taat hukum. 

“Selain itu, para siswa juga menjadi bertambah ilmu dan wawasannya tentang berbagai macam permasalahan hukum”, ujarnya.

Kepala sekolah SMAN 13 Mahyudin menilai program JMS sangat bagus dan sejalan dengan kebutuhan sekolah. Pihaknya juga secara khusus mendukung adanya program Jaksa Masuk Sekolah/ JMS Kejaksaan RI.

Dikarenakan para siswa dinilai jarang memperhatikan permasalahan hukum disekitarnya, terutama kasus-kasus hukum terkait narkoba. Kepala sekolah berharap dengan adanya kegiatan Penkum bisa menjadi benteng bagi para siswa untuk dapat senantiasa waspada menjaga diri dari bahaya Narkoba.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan dari para siswa/i yang ada di SMAN 13 Kota Depok dengan jumlah 50 siswa/i. Para siswa/i sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan.(haris)
psx_20180823_210912

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>