Tajuk :Menunggu Pemilu Damai
By admin On 31 Jan, 2019 At 08:44 AM | Categorized As Tajuk | With 0 Comments

Negeri ini terus diuji dengan berbagai peristiwa dan bencana mulai dari banjir tanah longsor dan erupsi gunung serta tsnunami.Sebagai bangsa pejuang dengan kebersamaan sesama anak bangsa berbagai cobaan akhirya bisa lalui.Menghadapi pemilu 2019, kita akan diuji bagaimana kedewasaan kita dalam berpolitik, karena beberapa bulan lagi akan menghadapi Pemilihan Presiden 2019 yang akan digelar 17 April mendatang. Kedewasaan berpolitik dalam menuju pemilu yang damai tanpa eksis itulah yang dinanti bangsa ini. Kita tentu ingin pemilu berjalan sukses tanpa ekses, sehingga jalannnya pembangunan kedepan akan lebih baik.

Pemilu sebagai instrumen demokrasi dan upaya membangun perubahan kondisi bangsa yang lebih baik menjadi penting maknanya bagi bangsa Indonesia yang masih berada dalam kondisi memprihatinkan kini. Penting bagi momentum perubahan dan harapan masa depan. Suatu kewajaran bagi setiap warga negara dalam mengambil peran masing-masing untuk menyukseskan agenda dimaksud. Tentu masyarakat ingin kondisi bangsa ini semakin kondusif, tidak dipenuhi oleh janji janji oleh paslon dan caleg yang ternyata tidak memberikan kontribusi positif.

Baru baru ini masyarakat dihebohkan dengan peredaran tabloid dan selebaran yang berisi informasi yang menyudutkan pasangan calon presiden dan calon wakil Presiden yang diedarkan di sejumlah tempat ibadah.Di disaat yang bersamaan ditemukan pula selebaran kampanye hitam bertajuk “say no! Jokowi-Ma’ruf Amin”, berikut daftar janji Jokowi yan disebut tidak dipenuhi.

Peredaran media informasi yang berisi kampanye hitam, kendati skalanya masih terbatas, harus menjadi perhatian serius semua pihak, baik pengawas pemilu, pemerintah daerah, maupun aparat keamanan. Jika hal seperti ini tidak direspons secara baik dan memadai, bukan tidak mungkin akan memperkeruh suasana dan rawan memicu munculnya sikap saling mencurigai di antara masyarakat. Hal ini tentu sangat berbahaya karena berpotensi menimbulkan gesekan, terutama di kalangan akar rumput. Terlebih, lagi informasi yang tidak bertanggung jawab seperti itu diedarkan di rumah ibadah yang seharusnya bebas dari politik praktis. Selain Kepolisian kasus tablid juga bisa tangani oleh Kejaksaan Agung dan bisa dimusnahkan sebagai barang cetakan.

Mengingat kompleksitas dari fenomena global pemilu kita juga mengajak masyarakat untuk tidak terpancing dengan berbagai isu yang berkembang negatif. Kita juga menginginkan nantinya masyarakat tidak golput dalam menyalurkan hak pilihnya. Walaupun fenomena global itu telah menunjukkan golput menjadi salah satu pilihan warga dunia, karena itu merupakan ekspresi dari pilihan mereka terkait pilihan politik. Golput dipilih sebagai bentuk koreksi dan itu terjadi dimana-mana.

Tentu sebagai anak bangsa kita menginginkan pemilu yang damai di tahun 2019 ini. Banyak pihak sangat optimis Pemilu 2019 bisa lebih baik dari Pemilu sebelumnya yang berhasil dengan aman, damai, dan sukses. Walaupun juga ada sebagian pihak merasa pesimistis melihat pemilu kali ini bisa berhasil tanpa cacat. Apalagi tanpa adanya riak-riak tertentu. Mengingat kompleksitas problem pada aspek ekonomi, sosial, apalagi politik yang begitu kuat aromanya punya kecendrungan dalam melahirkan berbagai bentuk benturan di tingkat lapangan.Penyelenggaraan Pemilu 2019 harus dilakukan dengan baik karena hasil yang diperoleh akan sangat menentukan bagi kualitas demokrasi masa depan.

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>