Kurangi Potensi Kumuh di Kab Sukabumi, Bidang IPW Gelar Bimtek Kasi Sarpras
By admin On 28 Jun, 2019 At 02:59 AM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

SUKABUMI-(TERBITTOP.COM)-Empat puluh tujuh Kasi Sarana Prasarana (Sarpas) kecamatan se-Kabuapten Sukabumi mengijuti Bimbingan Tekhnis Deliniasi Kawasan Permukiman yang digelar oleh Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah (IPW) Badan Perencanaan Pembangunan daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/07).

Dalam acara yang berlangsung di gedung BK3D Kecamatan Cibadak itu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan dipandu oleh para narasumber, didampingi petugas BAPPEDA Kabupaten Sukabumi, semua peserta tampak antusias menerima materi tentang pemetaan wilayah kumuh, kriteria serta cara pencegahannya.

Kepala Bidang Infrastruktur Pengembangan Wilayah (IPW) Fajar M Akbar menjelaskan bahwa acara tersebut digelar untuk meningkatkan kapasitas para kasi sarpras kecamatan agar mampu mengurangi tingkat kekumuhan di setiap wilayahnya.

“Bimtek ini bertujan untuk memberikan pelatihan peningkatan kapasitas dan pembelajaran kepada kasi sarpras supaya bisa mencegah dan mengurangi kekumuhan. Di sini mereka mendapatkan banyak materi, dari pemetaan wilayah kumuh, kriteria dan cara pencegahan serta penanggulangannya.” ucap Fajar kepada wartawan disela acara.

Fajar menambahkan, salah satu materi yang diberikan kepada peserta bimtek adalah tentang delapan indikator penyebab kekumuhan, yaitu; Air bersih, Drainase, sampah, limbah domestik, jaling, kebakaran, kerapatan bangunan, ruang terbuka hijau.

“Dengan begitu nanti teman-teman kasi sarpras akan bisa melihat dan menganalisa Jikalau ada yang kurang bagus di antara delapan indikator tersebut, maka kasi sarpras bisa mencegah tingkat kekumuhan diwilayah masing-masing.” ujarnya.

Lebih jauh, Fajar menjelaskan tentang keputusan Bupati bahwa Palabuhanratu dan Kecamatan Cibadak ditetapkan sebagai wilayah penanganan kumuh.

“Akan tetapi masih banyak kecamatan selain Palabuhanratu dan Cibadak yang di kategorikan untuk pencegahan kekumuhan,”tambahnya.

Menurut Fajar program ini sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dicanangkan oleh Bupati Sukabumi tentang Penataan kawasan permukiman yaitu salah satunya pengurangan kawasan kumuh. (Roby)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>