3 Jaksa yang Terjerat OTT Diberhentikan Sementara
By admin On 3 Jul, 2019 At 08:39 AM | Categorized As Hukum | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Tim Pemeriksa internal Kejaksaan Agung bergerak cepat menangani kasus Jaksa yang terkena OTT KPK. Untuk sementara tiga jaksa yakni Aspidum Agus Winoto SH, Kasubsi Penuntutan Yadi Herdianto dan Kepala Seksi Keamanan Negara dan Ketertiban Umum Yuniar Sinar Pamungkas diberhentikan sementara terkait kasus suap yang terkena OTT pada Jumat 28 Juni 3019.

“Kejaksaan Agung memberhentikan sementara tiga jaksa yang sedang diproses hukum.Dari ketiganya, hanya Agus yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, dan dua orang lainnya berstatus saksi. Yadi dan Yuniar kini tengah dalam penyelidikan di Kejaksaan,”kata Jam Intel Dr Jan Maringka SH kepada media di Kejagung, Selasa (3/7).

Menurut Jan selain pemberhentian sementara terhadap jaksa Agus Winoto yang jadi tersangka di KPK. Kemudian Kejaksaan Agung melepaskan jabatan struktural terhadap dua jaksa yang ikut serta pada saat itu.

Pemberhentian tersebut, katanya, bertujuan untuk memudahkan proses pemeriksaan dan tidak mengganggu pelayanan publik Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Selain itu, Kejagung juga menemukan adanya dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oknum jaksa tersebut.

Terkait pelanggaran etik yang diduga dilakukan, Jan mengatakan bahwa hal itu akan disampaikan oleh pihak Kejati DKI Jakarta yang menanganinya.

“Kita melihat ada temuan pelanggaran etik, dan itu akan didalami Bidang Pengawasan Kejaksaan Tinggi DKI. Apapun nanti hasilnya bisa ditindaklanjuti namun itu semua kita serahkan, kita percayakan pada Kejaksaan Tinggi DKI untuk melakukannya,” ujarnya.

Untuk menjaga akuntabilitas dan medukung kelancaran pelaksanaan tugas penegak hukum, telah pula dilakukan rotasi terhadap sejumlah pejabat di lingkungan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, di antaranya, Asisten Tindak Pidana Umum, dari pejabat lama Agung Winoto digantikan oleh Roberthus Tacoy SH yang sebelumnya Menjabat asisten Intelijen kejati DKI Jakarta.

Sedangkan posisi Asisten Intelijen Kejati DKI Jakarta di jabat oleh Teuku Rahman yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Jakarta Timur, selanjutnya Jabatan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur di jabat oleh Yudi Kristiana SH yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Kejaksaan Negeri Salatiga dan pernah bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Adapun pelantikan para pejabat baru tersebut telah dilaksanakan pada hari selasa tanggal 2 juli 2019.(nt/haris).

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>