Kejari Bengkulu Segera Tetapkan Tersangka Aktor Penjual Aset Pemkot
By admin On 11 Aug, 2019 At 03:28 PM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

BENGKULU-(TERBITTOP.COM)- Kejaksaan Negeri Kota Bengkulu melakukan pemeriksaan maraton untuk mengungkap pelaku terkait pemindah tanganan aset milik Pemerintah Kota Bengkulu.

Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bengkulu Emilwan Ridwan SH mengatakan sudah memeriksa saksi saksi yang terkait dalam kasus tersebut.

“Proses pemeriksaan sedang berjalan dan jaksa penyidik sedang mengumpulkan bukti keterangan untuk menetapkan tersangka. Mudah mudahan segera ditetapkan tersangkanya,” jelas Kajari Kota Bengkulu Emilwan Ridwan kepada media kemarin.

Dikatakan lahan seluas 62 hektare yang saat ini sudah dibangun perumahan warga itu ternyata lahan hibah bagi Korps Pegawai Negeri Sipil (Korpri).

Dari total lahan hibah itu Emilwan milik Pemkot Bengkulu itu ternyata ada 8 hektare yang seharusnya digunakan untuk membangun fasilitas umum, seperti Tempat Pemakaman Umum (TPU) atau tanah untuk kuburan warga dan fasilitas umum lain seperti rumah ibadah dan ruang terbuka hijau.

Kasus penjualan aset ini terbongkar setelah adanya laporan warga RT 13 RW IV Perumahan Korpri Kelurahan Bentiring Kota Bengkulu kepada pihak Kejaksaan.

“Lahan yang seharusnya dibangun fasilitas umum termasuk lokasi kuburan warga itu diduga dijual oknum pejabat kepada pihak pengembang,” ungkap Emilwab.

Tim penyidik kejaksaan sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bengkulu untuk mengetahui batas tanah hibah dengan dasar peta bidang yang dikeluarkan BPN.

Hasil penelusuran inilah membuka celah proses hukum memperkuat laporan warga, bahwa lahan Fasum itu telah dialih fungsikan untuk kepentingan pribadi.

Sebelumnya Tim penyidik Kejaksaan Negeri Kota Bengkulu telah menggeledah 3 kantor milik Pemerintah Kota Bengkulu mencari alat bukti terkait penjualan aset tersebut.

Sebanyak 7 orang penyidik mendatangi 3 kantor di lingkungan pemerintah Kota Bengkulu dan menggeledah dan mengambil dokumen yang diperlukan dalam pengusutan kasus ini.

“Secepatnya kita akan tetapkan tersangkanya,” tutup Emilwan.(hrs)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>