Kepala UPT:Idealkan Muara Angke Pelabuhan Perikanan Berbasis Industri
By admin On 14 Aug, 2019 At 06:22 AM | Categorized As Kelautan dan Perikanan | With 0 Comments


Kepala UPT Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Ma’ad: (foto Ron)

JAKARTA- (TERBITTOP.COM).
Medio Agustus 2019, derasnya arus perkembangan zaman menusuk jantung peradaban, berbagai dampak positif dapat dijadikan bahan kajian. Salah satunya, grand desain positif, datang dari Unit Pengolahan Ikan Terpadu (UPT),Pendaratan Ikan di Muara Angke Penjaringan, Jakarta Utara.

Terutama mengikuti lajunya roda pembangunan zona teritorial Pelabuhan Perikanan Muara Angke mengatasi arus modrenaisasi yang semakin berkembang, dalam mendongkrak problematika urbanisasi meningkatkan nilai ekonomi nelayan.

Salah satunya mengidealisasikan Pelabuhan
tempat pendaratan dan pelelangan ikan di DKI Jakarta itu, masuk dalam perencanaan (Grand desain) tata kelola Pelabuhan Ikan berbasis industri.

“Tahap awal, grand desain, pembangunan
pengerasan zonasi blok empang, dan pembenahan
dermaga pelabuhan sebagai tempat pendaratan ikan. Yaitu, pengerasan blok Empang, itu diperuntukan bagi nelayan usahawan membangun cold storage atau Unit Pengolahan ikan (UPI) berbasis industri dan bersertifikat kelayakan usaha, “ujar Kepala UPT Perikanan dan Kelautan Muara Angke, Pluit, Penjaringan Jakarta Utara, Ma’ad kepada Terbittop, Senin kemarin di kantornya di Muara Angke.

Ma’ad, memperkirakan pembangunan itu, Desember 2019 realisnya selesai, dengan idealisasi grand desain Pelabuhan Perikanan Muara Angke itu
rampung, tahapan pendahuluan pembangunanya.

Kemudian menyusul laporan evaluasi, setelah itu pinishing Desember 2019 ini.

Seiring berjalannya waktu, itu nanti,idealisasi Pelabuhan Muara Angke ini, selain dapat meningkat pendapatan usaha nelayan, dari sisi mutu ikan hasil tangkap mereka otomatis akan menjadi lebih baik.

Kalau sebelum ini kualitas ikan bagus diperuntukan jual komoditi eksport, nanti dengan keberadaan zona berbasis industri, persaingan ikan komsumsi di pasar lokal ikut meningkat jugw bersaing dengan ikan kualitas eksport

“Bagi warga DKI Jakarta bersiaplah, dalam waktu dekat juga akan menikmati mutu ikan segar kualitas eksport menjadi komsumsi lokal. Karena jika terintegrasi pembangunannya berbasis industri, dari harga sudah bersaing antara ikan eksport dengan pasar lokal, ” pungkas Ma’ad. (Roni Chandra)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>