Pelayanan ‘Spektakuler’ Kejari Belitung Ditargetkan Lolos WBBM
By admin On 22 Aug, 2019 At 09:11 AM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

Sesjamwas Kejaksaan RI Tony T Spontana didampingi Andi Herman SH selaku Tim Penilai dan Monitoring WBK/WBBM saat meninjau ruang PT SP Kejari Tanjung Pandan.(foto: haris Fadillah)

*Kejagung Targetkan 100 Satker Bisa Lolos WBK

BELITUNG-(TERBITTOP.COM)-Kejaksaan Negeri Belitung Bangka Belitung menjadi salah dari 13 Satuan Kerja yang ada di Kejaksaan RI ditargetkan sukses menuju wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) setelah sebelumnya sudah ditetapkan sebagai wilayah WBK (Wilayah Bebas Korupsi).

Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan RI Tony Spontana mengatakan optimis Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan Belitung Babel bakal menjadi Satker yang berpredikat berhasil dari Zona Integritas Bebas Wilayah Korupsi ( WBK) menjadi wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM).

“Saya optimis Kejari Tanjung Pandan akan memperoleh peringkat WBBM setelah meninjau kesiapan serta program reformasi menuju wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” tegas Tony Spontana kepada media di Tanjung Pandan,Selasa (20/1).

Tony Tribagus Spontana yang juga Ketua Tim Sosialisasi dan Monitoring Penilai WBK/WBBM bersama Andi Herman SH dan Utoto SH mengunjungi sejumlah kantor Kejaksaan Negeri di wilayah Kejati Bangka Belitung. 

Di Babel ada empat Kejari yang menuju WBK dan satu menuju Wilayah WBBM yakni Kejaksaan Negeri Belitung di Tanjung Pandan.

Kejari yang dikunjungi yakni Kejari Pangkal Pinang, Bangka Selatan dan Bangka Barat serta Kejari Belitung Timur di Manggar.

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat kesiapan dan program kinerja Kejari terkait Reformasi Birokrasi menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Kejari Belitung sudah WBK kini menuju WBBM bersama dengan usulan 13 Satuan kerja lainnya.Sedangkan untuk menuju WBK ada 184 Satker. Mudahan semua bisa tercapai dengan potensi yang ada mudahan 100 satker bisa tercapai,” kata Tony Tribagus Spontana.

Tony mengatakan kedatangan ke Babel dalam kapasitas sebagai Ketua Tim Sosialisasi dan Monitoring untuk memastikan satuan kerja di daerah bagaimana progresnya dalam menuju WBK WBBM. 

“Kami monitor persiapanannya apa yang masih bisa di akselerasi ditingkatkan kualitasnya dan dipercepat pelayanan agar tercapai,”jelas Tony. 

Kejari Belitung ini punya lebih dari satu kewajiban tidak saja sudah terbangun WBK tetapi kini membangun WBBM. WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB) kepada unit kerja di instansi pemerintah yang menyelenggarakan fungsi pelayanan.

Untuk mencapai predikat WBK dan WBBM, unit kerja harus terlebih dahulu membangun Zona Integritas (ZI). Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kejaksaan RI telah menunjuk 184 unit kerja di lingkungannya untuk menjadi percontohan sebagai unit yang menuju predikat WBK.

Kejati yang menuju WBBM adalah Kejaksaan Bali, sedangkan Satker lainnya baru menuju WBK. Sedangkan untuk Satker eselon I adalah Badiklat dan Pidsus Gedung Bundar menuju wilayah WBBM.

Untuk sukses menuju WBK/WBBM harus dikonfirmasi dulu dengan masyarakat, harus ada respon yang berimbang walau sudah bagus sistem dan sarananya tetapi belum ada respon baik dari masyarakat tidak akan mendapatkan status WBK/WBMM.

Meninjau ruang Zona Integritas yang dilengkapi dengan data road map pembangunan wbk dan wbbm Kejari Tanjung Pandan.

Dari sisi lain kesiapan kejari ini sudah siap tinggal menunggu konfirmasi dari publik. Dengan adanya predikat WBK/WBBM maka penilaian RB (Reformsi Birokrasi) lembaga akan naik sehingga bisa mengusulkan kenaikan remunisasi dan Satker yang mendapat predikat WBK/WBBM akan mendapat insentif.

Tiga Unggulan

Setelah ditetapkan sebagai unit kerja percontohan menuju WBK, Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Ali Nurudin SH MH telah menindaklanjuti dengan memberikan arahan dan langkah-langkah yang diperlukan oleh jajarannya.

Langkah pertama diawali dengan tetap melanjutkan kegiatan WBK yang sudah berjalan.
Sebab untuk sukses menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bersi Melayani) setidaknya harusnya pelayanan yang spektakuler di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan berkomitmen untuk melaksanakan reformasi birokrasi menuju predikat WBBM. Dengan semangat reformasi Birokrasi Kantor Kejari Tanjung Pandan siap melayani dengan profesional, transparan, akuntabel dan terpercaya.

“Kami sudah melakukan penguatan komitmem bersama satker lainnya yang dihadiri bersama Forkamindo. Melakukan penguatan terhadap 6 area perubahan dan mendorong pelayanan termasuk peningkatan IT,” kata Ali Nurudin.

Dalam rangka memperepat pelayanan pihaknya juga membuat beberapa produk inovasi pelayanan yang cepat seperti pengambilan barang bukti dengan drive thrue serta membuka stand loket di kantor Pos untuk memangkas waktu pelayanan.

“Ada peningkatan pelayanan publik seperti difabel dan poliklinik dimana sinergitas dengam pemda. Taman bermain anak anak dan bahkan pelayanan PT SP izin besuk dan lainnyam.Ada juga kantin kejujuran dan ada ruang pojok kopi dekat sel tahanan.,” kata Ali Nurudin.

Penigkatan inovasi lainnya lanjut Ali Nurudin, juga dengan nama “Si bantan” ( siap antar barang bukti dan Tilang). Simpor dan di bidang pidsus namanya Tarsius (Teknologi Administrasi sistem Pidsus).

Ada wisata zona intergritas dan drive thrue dalam pengambilan barang bukti, serta penajaman pelayanan TP4D serta ada ada juga pemberian ceramah hukum dalam mengawal pembangunan.

Dibidang Datun ada produk pelayanan dengan nama Dubes (Datun membangun Desa), Beripat sinergitas dengan BPJS,PLN dll dalam menjaga kepatuhan dalam membayar pajak.

Zona wisata ada di dalam aula disana ada roadmapnya dengan menampilkan 6 area perubahan dalam membangun Pelayanan yang cepat pihaknya tentu telah meningkatkan komitmen pelayanan.

Dari peningkatan pelayanan dan inovasi unggulan itu kata Kajari, pihaknya telah siap menuju WBBM.(haris).

Berpoto bersama usai pengarahan dengan seluruh jaksa dan pegawai Kejari Belitung.

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>