WABUP Belitung Isyak:Kebutuhan Air Bersih Warga Akibat Kekeringan Segera Teratasi
By admin On 4 Oct, 2019 At 04:47 PM | Categorized As Daerah | With 0 Comments


Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie (kiri) Kabag Humas Zakina.(kanan).

BELITUNG-(TERBITTOP.COM)- Musim kemarau yang melanda banyak kawasan rumah di Indonesia juga terjadi di desa- desa di Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung.

Daerah penghasil timah kini sedang mengalami kekurangan pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, utamanya air minum, mandi dan cuci pakaian.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si.memgatakan Pemkab Belitung telah berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan memfungsikan Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang dibangun oleh Pemerintah Pusat.

“Kekeringan yang melanda akhir-akhir ini semestinya dapat teratasi dengan suplay air bersih yang mencukupi oleh Pemkab Belitung melalui fasilitasi dinas terkait, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” jelas Isyak Meirobie, S.Sn, M.Si, Selasa (01/10).

Pada kesempatan itu Wabup didampingi Kabag Humas Zakina, S.Sos, M.Si saat menjadi mediator pertemuan antara Dinas PUPR Provinsi Babel, Dinas Perkim Provinsi Babel dan Dinas PUPR Belitung, menyusul sejumlah warga didesa Air Selumar mengeluhkan pasokan air bersih dari SPAM tidak pernah mengalir.

Sebelumnya dari hasil investigasi Terbit Top dilapangan Realitasnya, kelangkaan air bersih di musim kemarau ini semakin menjadi dan berkepanjangan bukan hanya ketersediaan sumber air baku yang menipis tetapi factor lain sebagaimana terjadi di Desa Air Selumar, Sijuk.

Warga desa tersebut 4 bulan terakhir ini mengeluhkan tidak adanya pasokan air bersih termasuk di masjid dan surau/rumah peribadatan sama sekali tangki airnya kosong.

Menjawab TERBITTOP menanggapi permasalahan tersebut, Isyak Meirobie, mengatakan hendaknya PUPR dan Perkim Propinsi diwakili Virgo, ST dan Hariadi, ST serta PUPR Belitung diwakili oleh Rizaldy,ST, M.Si dapat duduk bersama bekerja sama melakukan kerja nyata tanggap terhadap masalah masalah warga yang tidak terpenuhi selama ini dengan solusi tepat dan manfaatnya harus berkepanjangan, bukan solusi sesaat.

Isyak menegaskan rencana perbaikan jaringan pipa air agar segera dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsi dinas-dinas terkait.

“Menyangkut lahan warga yang terdampak untuk pemasangan pipa, hendaknya pipa tersebut perlu pengawalan dari Kepala Desa dalam hal pengurusan izin warga setempat,” tegas Isyak.

Dia juga meminta dinas-dinas yang terkait akan segera menindaklanjuti dilapangan dan sesegera mungkin melakukan perbaikan agar pasokan air bersih bagi masyarakat desa Air Selumar dapat dipenuhi.

“Para kades agar dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan dilibatkan sehingga terlaksana dengan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat,” tutup Isyak Meirobie.(Yustami)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>