DLH Belitung Panggil Dua Perusahaan Tambang Kaolin
By admin On 13 Oct, 2019 At 04:07 PM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

BELITUNG-(TERBITTOP.COM)-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung memanggil dua perusahaan tambang kaolin PT. AAG dan PT BPBD terkait dugaan melakukan pencemaran lingkungan.

“Beda beda masalah.Kalau yang ini beda persoalan, PT BPBD ditemukan, bagian bak mobil tidak menggunakan terpal,” kata Kepala DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada Terbittop.com di ruang kerjanya, Jumat (11/10).

Dijelaskan pemanggilan kedua perusahaan terkait maraknya aktivitas truk pengangkut kaolin yang melintas di Pusat Kota Tanjungpandan. Aktivitas pengangkutan itu mendapat banyak kritikan dari kalangan masyarakat karena polusi debu dari truk pembawa kaolin tersebut.

Sama seperti PT AAG, PT BPBD yang beralamat di Dusun Pelepak Pute, Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, juga mendapatkan surat peringatan (SP) dari DLH Belitung.

Menurut Edi pemanggilan tersebut karena pihak perusahaan ini dinilai tidak memenuhi peraturan dokumen dampak lingkungan.

“Perusahaan itu melakukan pengangkutan kaolin menggunakan mobil truk, namun bagian bak mobil tidak ditutup dengan terpal,” jelas Edi.

DLH meminta PT BPBD selalu menutup bak truk dengan terpal, supaya tidak mengeluarkan debu di setiap jalan yang dilaluinya.

Kondisi mobil yang kotorannya menempel di ban mobil, harus dibersihkan.

“Waktu keluar dari pelabuhan kondisi mobil sangat kotor, akibatnya debu bekas kaolin bertebaran. Sehingga jalan didalam kota Tanjungpandan menjadi kotor, karena mobil tersebut tidak dibersihkan,” tegas Edi.

Sebelumnya Bupati Belitung Sahani Saleh yang akrab disapa Sanem seperti dikutif dari Belitung ekspres (9/10) menegaskan akan menyetop truk kaolin milik PT. AAG.

“Pernyataan Sanem mendukung Dinas LH untuk bersikap tegas terhadap siapapun pelanggar UU lingkungan karena ada pidananya dan masyarakat mendukung Bupati,” tutup Edi. (Yustami)

Sumberfoto : Pos Belitung

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>