Sambangi Masyarakat Di Pelosok Desa, Kejari Cibadak Optimis Raih WBK
By admin On 12 Nov, 2019 At 04:08 AM | Categorized As Peristiwa | With 0 Comments

SUKABUMI – (TERBITTOP.COM)-Berbagai cara dilakukan Jajaran Jaksa untuk mensukseskan program menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Selain membangun 6 area perubahan dan komitmen tinggi menuju zona integritas para Jaksa di Kejari Cibadak Sukabumi mendekatkan diri dengan masyarakat melalui program Jaga desa.

Program dengan cara melakukan motor turing,jaksa menemui masyarakat di desa desa sambil melakukan penyuhan hukum dan sekaligus mendampingi Dinas Kependudukan setempat bersama sama melakukan penyuluhan hukum soal kependudukan seperti perekaman KTP yang ternyata di pelosok desa yang teryata masih banyak yang belum terekam semua.

“Setiap dua minggu sekali di hari Jumat atau Sabtu, kami semua jajaran jaksa disini dengan cara mengunjungi masyarakat di pelosok desa.Kami melakukan program jaga desa memberikan penyuluhan hukum dengan menjangkau sampai ke pelosok pedesaan yang sulit terjangkau,” jelas Kepala Kejaksaan Negeri Cibadak Sukabumi Alex Sumarna SH kepada media di ruang kerjanya di Cibadak,Senin (11/11).

Program Jaga Desa yang dilakukan para Jaksa di Cibadak kata Alex ternyata sudah mendapatkan respon positif dari masyarakat khususnya yang berada di desa desa yang cukup jauh seperti di wilayah ini banyak warga berada di gunung gunung dan jauh. Program ini secara langsung diliput dan disiarkan melalui radio setempat sehingga di dengar masyarakat.

“Kami memberi penyuluhan hukum menyambangi masyarakat yang jauh di pelosok desa,supaya kemanpaatan benar benar dirasakan masyarakat desa. Alhamdulilah program dengan motor turing ini dimana semua jaksa dengan menggunakan motor mengunjungi masyarakat.Sudah lebih dari 20 desa di semua Kecamatan di wilayah ini sudah kami sambangi,” jelas Alex Sumarna.

Seperti diketahui Kejari Cibadak merupakan salah kejari andalan di Kejati Jawa Barat yang sudah siap menuju WBK/WBBM. Selain sudah membangun PT SP yang cukup refresentatif di ruang utama Kantor, pelayanan terhadap kepada masyarakat cukup cepat dan nyaman.

Program antar barang bukti kata Alex sudah dilaksanakan secara gratis kepada masyarakat yang jaraknya tidak jauh dimana setiap bulannya lebih dari 400 barang bukti diselesaikan dan diantar. Selain itu program jaga desa ini merupakan inisiatornya sendiri ternyata cukup sukses disambut masyarakat karena baru pertama kali dilakukan di Cibadak.

“Setelah kami kunjungi masyarakat bisa mengetahui bagaimana langkah langkah perubahan yang sedang dibangun Kejaksaan saat ini,”ujarnya.

Alex mengatakan program motor turing ini cukup ampuh mendekatkan diri ke masyaralat,karena setiap kunjungan selalu disambut positif warga dan bertemu dalam ruang pertemuan desa.Bahkan semua kegiatan program jaga desa telah kami ekspose melalui medsos youtube serta FB dan aplikasi lainnya.

Selain itu Kejari Cibadak yang sudah melakukan pemaparan di depan Tim Kemenpan RB tetap menjaga komitmennnya dalam membangun zona integritas menuju WBK/WBMM.

Lebih jauh dijelaskan untuk program TP4D, kata Alex, pihaknya juga melakukan pengawalan berbagai proyek insfrastruktur yang strategis bagi daerah ini, termasuk juga proyek yang kecil didampingi melalui peran TP4D juga peran Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN).Program penagihan uang BPJS di wilayah ini sudah berhasil ditangani oleh jajaran Datun didaerah berhasil ditagih sebesar Rp5 miliar.

Dengan berbagai inovasi tersebut masyarakat semakin di dekatkan dengan jaksa dan disiarkan melalui akses website yang bisa dibuka setiap saat.

Untuk menggairahkan jajaran Ahdyaksa dalam membangun zona integritas serta kepedulian masyarakat pihaknya ada menciptakan lagu tentang upaya zona integritas yang berjudul ‘Adyaksa untuk Indonesia’.

Lagu yang kini banyak digemari masyarakat di wilayah ini karena sudah tersebar di berbagai media sosial sepetti youtube,FB dan lainnya, juga diharakan dapat dikumandangkan di berbagai kejaksaan di seluruh Indonesia.

“Dengan demikian berbagai indoveasi dan program jaga desa itu serta berbagai inovasi dan komiten dalam membangun 6 area perubahan, kejaksaan Negeri Cibadak optimis akan meraih predikat WBK/WBBM,”tegas Alex Sumarna.(haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>