‘Wisata ZI Kejari Tanjung Pandan Contoh Keberhasilan Membangun WBK/WBBM’
By admin On 23 Nov, 2019 At 08:47 AM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

BELITUNG-(TERBITTOP)-Ingin tahu bagaimana berwisata ZI (Zona Integritas) melihat inovasi dan kreativitas membangun WBK/WBBM datanglah ke Kantor Kejaksaan Negeri Belitung di Tanjung Pandan. Kantor ini terletak di Jantung Kota yang dikenal sebagai kota wisata “Negeri Laskar Pelangi” tepatnya di Jalan Sriwijaya Tanjung Pandan Belitung Provinsi Bangka Belitung.

Beragam inovasi dan kreativitas jaksa ditampilkan dalam wisata zona integritas membuat 6 area perubahan menuju wilayah WBK dan WBBM.

Deputy Kemenpan RB Muhamad Yusuf Ateh bersama Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah SH di Tanjung Pandan dan Manggar Kamis (21/11) memuji pelaksanaan WBK dan WBBM di Kepulauan Bangka Belitung khusunya berbagai inovasi dan kreativitas yang ada di Kantor Kejaksaan Negeri Tanjung Pandan.

“Belitung ini sudah sangat baik dan tinggal sedikit ada perapihan serta tetap mempertahankan komitmennya bekerja dan peningkatan pelayanan maksimal saja. Sudah baik insya Allah akan lolos WBK/WBBM. Apalagi di ruangannya sudah terbangun 6 area perubahan. Saya minta itu tetap dijaga jangan sampai merosot pelayanannya karena status WBKnya, bisa dicopot,” urai Deputy Kemenpan RB Muhamad Yusuf Ateh dalam percakapan dengan TERBITTOP di sela sela meninjau sejumlah kantor Kejari dan kantor Imigrasi Kelas II Tanjung Pandan di Belitung, Kamis (21/11).

Dia menjelaskan kedatangannya ke Bangka Belitung dalam rangka melihat pelaksanaan WBK dan WBBM yang dibangun jajaran Kejaksaan di daerah ini.

“Kegiatan verifikasi sebagai program nasional yang telah ditetapkan oleh Kemenpan-RB dan dilakukan oleh Kejaksaan Agung RI. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui bagaimana lembaga ini untuk bisa meningkatkan pelayanan dan mampu untuk menekan angka korupsi. Dari hasilnya sangat baik walau masih ada yang perlu disempurnakan namun semangat dan komitmen nya untuk berubah sudah berjalan,” kata Muhamaf Yusuf Ateh.

Artinya jika kejari itu sudah mengajukan diri untuk menuju WBK/WBBM itu menunjukkan bahwa sudah ada kemauan dan semangat memperbaiki kinerjanya.

“Ini sudah baik dan kita harapkan Kejari Tanjung Pandan dan kajari lainnya meraih prestasi WBK/WBBM,” jelasnya.

Pemerintah seperti diungkap Wakil Jaksa Agung Dr Arminsyah SH rencananya akan memberikan penghargaan sertifikat dari Kemenpan RB kepada kantor Kejaksaan yang sudah ditetapkan sebagai WBK dan WBBM pada tanggal 10 Desember mendatang. Penghargaan akan diberikan oleh Presiden Jokowi atau Wakil Presiden Mahruf Amin.

Kejari Tanjung Pandan yang dimotori Kajari Ali Nurudin SH sudah berstatus WBk kini menuju WBBM. Memiliki dua gedung perkantoran yang letaknya bersebelahan.

Ruang PT SP terletak disebelah kanan Kantor dilengkapi dengan ruang untuk publik,klinik, kantin Kejujuran, ruang bermain anak dan ruang Ibu IAD.

Selain Ruang Perdata dan Tata Usaha serta ruang mediasi yang apik dan nyaman dikunjungi. Sementara di ruang pertemuaan di gedung utama dihiasi berbagai langkah dan kreatitas sejak lolos membangun Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Sambil berkeliling Deputy Kemenpan Muhamad Yusuf Ateh dan Wakil Jaksa Agung Arminsyah menyaksikan Wisata integritas.

Kajari Ali Nurdin menjelaskan program dan komitmen nya mempertahankan WBK menuju WBBM. Tidak terasa perjalanan singkat di dalam ruang zona integritas tersebut telah memukau Deputy Kemenpan RB Muhamad Yusuf Ateh dan Wakil Jaksa Agung Arminsyah SH.

Tentu keberhasilan yang dicapai Kejari Tanjung Pandan ini bisa menjadi contoh bagi Kantor Kejaksaan lainnya di Indonesia, karena sampai saat ini sudah banyak pimpinan lembaga BUMN yang ada di daerah ini meminta cara dalam menerapkan cara yang dilakukan Kejari Tanjung Pandan dalam membangun Zona Integeritas.

Untuk itu Wakil Jaksa Agung Arminsyah meminta para jaksa tetap menjadi dan mempertahankan kinerjanya dalam menerapkan WBK/WBBM karena dia yakin dua kantor Kejari di Negeri Laskar Pelangi akan lolos dan mendapat status WBK dan WBBM.(D Sutan Batuah/haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>