Membangun Zona Integritas, Badiklat Kejaksaan Jadi Lokasi Study Tiru WBK-WBBM’
By admin On 11 Feb, 2020 At 12:57 AM | Categorized As Hukum | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Untuk kesekian kalinya Badandiklat Kejaksaan RI menjadi contoh dan lokasi study tiru sejumlah lembaga Negara untuk belajar cara membangun zona integritas karena keberhasilan menyandang predikat WBK dan WBBM.

Kali ini Kaban Diklat Setia Untung Arimuladi menerima kunjungan dari Kementerian Hukum dan HAM bidang BPSDM Hukum dan HAM ( Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM).

Rombongan study tiru yang dipimpin langsung Plt.Kepala BPSDM Hukum dan HAM Min Usihen bersama jajarannya diterima di ruang rapat gedung Wira Badiklat Kejaksaan RI,Jakarta,Senin ( 10/2).

Kaban Diklat Setia Untung Arimuladi didampingi Sekretaris Badandiklat Abdoel Kadiroen,Kapusdiklat,Para Kabid,Kabag TU dan sejumlah pejabat eselon IV,kemudian pertemuan tersebut di lanjutkan dengan diskusi bersama terkait pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM .

Pada kesempatan itu Kabandiklat memjelaskan sarana dan prasarana penunjang IT yang ada di Badiklat serta berbagai aplikasi yang menunjang tugas Badiklat Kejaksaan sehingga sukses meraih predikt WBk dan WBBM dari Kemenpan RB.

Setelah selesai berdiskusi rombongan berkeliling melihat sarana dan prasarana Badiklat Kejaksaan RI.

Kaban Diklat mengungkapkan,kunjungan kerja BPSDM Hukum dan HAM diisi dengan diskusi yang berkaitan dengan WBK/WBBM .

“Kita diskusi,kita keliling untuk melihat lihat sarana dan prasarana yang ada di sini ( Badiklat-red ) yang mendukung tugas pokok fungsi Diklat dalam melahirkan sumber daya manusia unggul,” kata Untung.

Sementara Plt.Kepala BPSDM Hukum dan HAM Min Usihen dalam kunjungannya menyampaikan banyak hal yang ia peroleh di Badiklat Kejaksaan RI.

“Banyak hal yang saya peroleh dari apa yang sudah dilakukan oleh Kaban Diklat,” ujarnya.

Menurutnya sebagai lembaga atau institusi yang sama sama untuk pengembangan SDM, Badiklat Kejaksaan RI sudah sangat maju.

“Jauh, sangat jauh dan maju. Akan kami pelajari juga disini untuk studi tiru juga untuk berproses dalam pembangunn Zona Integritas menuju WBK WBBM,” jelasnya menambahkan.

Dia menilai,Badiklat Kejaksaan RI merupakan tempat yang cocok untuk gerakan pembangunan Zona Integritas pembangunan SDM.

“Baik dari sarana dan prasarana ITnya mulai dari Regristrasi,jadi Badiklat Kejaksaan ini merupakan tempat yang cocok dan tempat yang terbaik untuk menjadi sebagai acuan atau gerakan pembanguna Zona Integritas khususnya untuk institusi yang bergerak di pembangunan SDM,” ujar Min.

Pusdiklat MA,

Sebelumnya Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Teknis dan Peradilan Mahkamah Agung (Pusdiklat MA), Bambang Heri Mulyono beserta jajaran juga berkunjung dan mencontoh Badiklat Kejaksaan RI atas keberhasilan meraih predikat Zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Zona Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Mereka juga berkesempatan keliling serta menyaksikan sarana, prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi kediklatan yang dimiliki Kejaksaan RI. Bambang sangat mengapresiasi soal sarana, prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi kediklatan yang dimiliki Kejaksaan RI.

“Setelah berkeliling melihat sarana, prasarana dan aplikasi yang dimiliki Badan Diklat Kejaksaan RI, kami sangat apresiasi, dan saya bersyukur bisa berkunjung ke sini,” kata Bambang yang tampak terkagum-kagum.

Diakui, sebelumnya jajaran Pusdiklat Teknis dan Peradilan MA hanya melihat sarana, prasarana dan aplikasi Badiklat Kejaksaan RI lewat website Kejaksaan RI.

“Setelah melihat langsung ke Badiklat Kejaksaan RI sungguh ini luar biasa. Kami melihat langsung aplikasi-aplikasi, sarana dan prasarana Badiklat Kejaksaan. Kami merasa bisa sharing sebagai sesama lembaga pemerintah,” ungkapnya.

Kabandiklat Kejaksaan Setia Untung Arimuladi menjelaskan tentang sarana dan prasarana Badiklat Kejaksaan RI yang serba komputerisasi, digitalisasi dan canggih memanfaatkan teknologi informasi.

Kunjungan dari Pusdiklat Teknis dan Peradilan MA dan Kementerian Hukum dan HAM bidang BPSDM Hukum dan HAM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM) akn menjadi pemicu semangat maupun motivasi jajaran Badiklat Kejaksaan RI untuk terus berinovasi.

Badiklat Kejaksaan RI, kata Untung, pada tahun 2020 ini akan terus melakukan pengembangan-pengembangan lanjutan. Seperti pengembangan command centre, e-learning untuk jenis diklat lainnya dan dialog interaktif.

“Pengembangan ini akan mengurangi beban anggaran. Dan capaian penambahan peserta akan lebih banyak. Karena cukup dengan memanfaatkan teknologi telepon genggam misalnya, kita sudah bisa melakukan pelatihan-pelatihan,” kata Untung.(ris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>