Suksesnya Sensus2020, Momentum Keterlibatan PT dan Mahasiswa
By admin On 9 Feb, 2020 At 05:48 PM | Categorized As Kesra | With 0 Comments

MALANG-(TERBITTOP.COM)-Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus penduduk secara daring mulai 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dan meminta seluruh warga negara Indonesia berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan sensus tersebut. Data penduduk ini merupakan data dasar untuk mengambil kebijakan di berbagai bidang.

Rektor Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Prof Dr Asep Saefuddin, M.Sc menegaskan sensus Penduduk 2020 merupakan amanah UU untuk melakukan pencatatan seluruh jumlah penduduk di Indonesia.Datanya tentu sangat berguna bagi perencanan dan sensus dilakukan 10 tahun sekali.

“Sensus pembangunan SDM di Indonesia termasuk kesehatan, IPM, pendidikan, ekonomi, umkm, dan lainnya.Jadi sangat penting,”tutur Prof Asep Saefuddin MSc kepada TERBITTOP usai mengikuti Acara Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di hadapan Dosen Prodi Statiska seluruh Indonesia 6-9 Februari 2020 di Malang Jawa Timur.

Begitu pentingnya tegas Prof Asep Saefuddin rasa keterlibatan semua komponen bangsa menjadi sangat penting. Unsur2 penting itu seperti MUHAMMADIYAH, NU, HMI, KAHMI, PMII, Dewan Mesjid Indonesia, GMNI, serta organisai agama lainnya.Juga universitas dan komponen di dalamnya, selain tentunya RT, RW, dan Pemda.

“BPS tentu akan menggandeng mereka. Marilah kita sukseskan Sensus Penduduk 2020 dan jadikan program ini jadi gerakan Nasional,”tambahnya lagi.

Acara sosialisasi sensus penduduk 2020 di hahadapan dosen prodi statiska seluruh Indonesia 6-9 Februri 2020 di Malang diikuti 60 Perwakilan Perguruan Tinggi Statiska, Forum Pendidikan Tinggi Statistika (Forstat) serta Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia (HMMSI) berkumpul untuk mendukung Sensus Penduduk 2020 yang pelaksanaannya sudah di depan mata.

Kesamaan rumpun ilmu dengan BPS merupakan modal yang kuat untuk saling mendukung satu sama lain.

Pertemuan tersebut jelasnya selain menyosialisasikan tahapan kegiatan Sensus Penduduk 2020 juga untuk mendapatkan komitmen dukungan serta finalisasi keterlibatan mahasiswa dan Perguruan Tinggi Statistika dalam Sensus Penduduk 2020.

Dengan demikian diharapkan adanya keterlibatan mahasiswa dan Perguruan Tinggi dapat meningkatkan respon rate dalam pelaksanaan sensus penduduk secara onlene.

Dalam kesempatan itu Ketua Forum Masyarakat Statistik (FMS) Bustanul Arifin mengatakan bagaimana awalnya mulanya sensus 2020 menggunakan metode kombinasi.

Koordinasi antara Dukcapil dan BPS dilakukan terus menerus hingga tercipta harmonisasi seperti sekarang.

Pada kesempatan itu Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan kunci sukses Sensus2020 terletak pada masyarakat. Walaupun kuisioner dan metodologinya bagus tetapi menjawa tidak jujur maka kualitas hasil sensus tidak berkualitas.

Dia mengajak seluruh perguruan tinggi untuk terlibat langsung dalam pelaksanaan sensus2020.

Dilain pihak Ketua Forstat mengatakan sensus2020 merupakan momentum mahasiswa untuk mengetahui kegiatan BPS dan harapannnya BPS dapat membukakan pintu bagi mahasiswa statistik yang magang di BPS.

Sementara dalam paparan Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan BPS mengatakan
aplikasi untuk mengupdate diri di sensus,bps.go.id telah dirancang hinga mudah digunakan serta ada terjamin kerahasian data. (haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>