ZONA INTEGRITAS, Kejari Kab Sukabumi Beri Pelayanan Kesehatan Gratis Cek Covid-19
By admin On 23 Mar, 2020 At 01:49 AM | Categorized As Daerah | With 0 Comments

CIBADAK -(TERBITTOP.COM)-Gaung membangun zona integritas menuju wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah.Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), semakin terasa di Kejaksan Negeri dilingkungan Kejati Jawa Barat salah satunya Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi.

“Selain membuat berbagai inovasi kejari kabupaten Sukabumi menyediakan pelayanan gratis untuk pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang antri mengambil bukti tilang. Pelayanan gratis cek kesehatan termasuk untuk mengantisipasi adanya penyakit termasuk virus Corona,” jelas Kajari Kabupaten Sukabumi Bambang Junianto SH kepada Terbittop di ruang kerjanya Jumat (20/3).

Bambang mengatakan Pelayanan kepada masyarakat tidak boleh terhambat, khususnya terkait dengan pelayanan dan perlindungan masyarakat, serta penegakan hukum.

“Pengecekan gratis diantaranya dengan cek gula darah, tensi serta cek suhu badan untuk mengantisipasi covid-19. Ini minimal dengan pengecekan suhu tubuh masyarakat dapat mengantisipasi keadaan tubuhnya,” kata Bambang.

Pelayanan kesehatan gratis ini sementara memanpaatkan ruang pos keamanan dan dilakukan setiap jumat, dimana rata rata setiap minggu ada 200 pengambil tilang dan ini termasuk pegawai.

Juga ada loket pelayanan hukum gratis dan kerja sama layanan dengan perbankan karena lokasinya dipinggir jalan dengan membuat ATM di dalam kantor kejaksaan.

“Untuk kedepannya jika dapat dana hibah dari Pemkab kita akan bangun gedung tilang baru karena pelayanan sekarang memanpaatkan pos keamanan.Kita sudah siapkan lokasinya,” kata Bambang.

Selain itu dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat menuju WBK/WBBM pihaknya telah membangun enam area perubahan.

Beberapa inovasi jelas Bambang diantaranya telah disiapkan seperti sistem digitalisasi arsip perkara yang sudah lama dimana kita satukan dalam ruang khusus dari perpustakaan dan simkari.

Saat ini kan ada dua kantor pengadilan yang lama di cibadak dan ada di pelabuhan ratu dimana sidang masih dibagi dua dimana jaraknya cukup jauh, sementara bus kendaraaan tahanan sudah tua usianya dari tahun 1986.

“Untuk pengawalan tahanan yang cukup jauh itu kami perbaruhi sistem komunikasi dipasang GPS dan HT agar keamanan selama membawa tahanan dan pelayanan itu harus secara tepat waktu,” ujar Bambang.

Dijelaskan, selama ini kejaksaan Negeri Cibadak melayani setiap bulan 50 perkara pidum dengan jumlah jaksa dan pegawai yang ada sudah cukup melayani perkara.

“Ada 29 pegawai honorer disini dan jaksa sebanyak 9 orang,” kata Bambang.

Tetapi sekarang kata Bambang pegawai honorer semuanya dengan sistem kontrak sehingga pegawai honorer ada kewajiban dan hak nya.

Kemudia program lainya pihaknya akan mengundang para kepala desa per zona sejumlah 50-200 orang untuk pendampingan dan penyaluran dana desa.

“Kami akan bekerja sama dengan inspektorat mengawasi dana desa, dengan penyuluhan hukum dan membuat kerja sama dengan kepala desa untuk menyerahkan barang bukti nantinya. Tentu akan dibuatkan mou kerja samanya,” tegas Bambang seraya menyatakan optimis kejari Cibadak akan lolos dalam penilaian WBK dan WBBM pada tahun ini. (haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>