Bongkar Isu Suap Eks Jampidsus, Burhannudin tegaskan Jaksa Menyeleweng Ditindak Tegas.
By admin On 21 May, 2020 At 12:21 PM | Categorized As Hukum | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Jaksa Agung ST Burhannudin menegaskan penanganan perkara bantuan dana KONI 2017 tetap berjalan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung.

Dia pun berujar Tim Jaksa Penyelidik yang ditugaskan untuk mengungkap kebenaran isu yang dilontarkan seorang saksi di persidangan tipikor untuk terus bekerja secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab dan jangan terbesit sedikit pun untuk bermain main dalam menangani perkara atau kasus tersebut.

“Jika ada jaksa terbukti melakukan penyelewengan dalam melaksanakan tugasnya tidak segan segan akan ditindak tegas siapapun dia dan dari manapun orang itu,” tegas Burhannudin selepas berbuka puasa sebagaimana dirilis Puspenkum Kejaksaan Agung RI Kamis (21/5).

Pernyataan Jaksa Agung Burhanuddin terkait proses penanganan (penyidikan) perkara tipikor bantuan dana KONI Pusat di Kemenpora Tahun Anggaran 2017 maupun penyelidikan dugaan suap kepada mantan Jampidsus Kejagung RI yang marak disorot oleh publik.

Langkah penyelidikan ini seperti ditegaskan Kapuspenkum Kejaksaan Hari Setiyono SH dilakukan menanggapi keterangan saksi Miftahul Ulum (asisten pribadi mantan Menpora Imam Nahrowi) ketika diperiksa sebagai saksi dalam perkara suap atas nama mantan Menpora Imam Nahrowi.

“Sudah dibentuk Tim Jaksa yang memeriksa dan pemeriksaan sedang berjalan,” kata Hari Setiyono.

Sebagaimana diungkap saksi Miftahul Ulum di persidangan bahwa terdapat dana Rp. 3 milyar yang diserahkan ke BPK RI melalui Achsanul Qosasi anggota BPK RI dan Rp. 7 milyar ke Kejaksaan Agung RI yang diterima oleh Adi Togarisman mantan Jampidsus.

Disebutkan uang tersebut diduga agar penyidikan perkara bantuan dana KONI Pusat Tahun 2017 tidak dilanjutkan dan menurut yang bersangkutan setelah uang diserahkan terbukti tidak dipanggil- panggil lagi.

Hari menyatakan penanganan (penyidikan) perkara dugaan tipikor bantuan dana KONI Pusat Tahun Anggaran 2017 di Kemenpora RI tetap berjalan hingga tuntas dan tidak akan terpengaruh oleh isu menjadi pernyataan di sidang yang disampaikan seorang saksi kepada mantan Jampidsus yang dikemukakan oleh sdr. Miftahul Ulum tersebut diatas.

“Terkait hal tersebut,tegas Hari Setiyono mengatakan
Jampidsus telah memerintahkan untuk mengusut tuntas dan meminta keterangan kepada pihak-pihak terkait termasuk keterangan dari saksi Miftahul Ulum tersebut.

Sementara kepada Tim Jaksa Penyidik yang menangani perkara dugaan tipikor bantuan dana KONI Pusat Tahun Anggaran 2017 maupun Tim Jaksa Penyelidik yang ditugaskan untuk mengungkap kebenaran isu yang dilontarkan seorang saksi di persidangan tipikor Jaksa Agung RI memerintahkan untuk terus bekerja secara profesional dan penuh rasa tanggung jawab dan jangan terbesit sedikit pun untuk bermain main dalam menangani perkara atau kasus tersebut.(ris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>