MAKI Beberkan Joko Tjandra Dapat Surat Jalan Dari Oknum Instansi Bepergian di Indonesia
By admin On 13 Jul, 2020 At 04:30 AM | Categorized As Hukum | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP.COM)-Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI) membeberkan terpidana Joko Tjandra mendapat surat jalan dari ok instansi untuk bepergian di Indonesia.

“Kami mendapat poto sebuah surat jalan Joko Tjandra dari oknum sebuah instansi ( poto terlampir ). Adanya data tersebut akan kami laporkan ke ombudsmen,” ungkap koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangan yang di rilis kepada media di Jakarta, Senin (13/7).

Disebutkan dalam surat jalan tersebut tertulis Joko Soegiarto Tjandra sebagai Konsultan dan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan keberangkatan tanggal 19 Juni 2020 dan kembali tanggal 22 Juni 2020 . Angkutan yang dipakai adalah Pesawat.

“Poto tersebut belum dapat dipastikan asli atau palsu, namun Kami dapat memastikan sumbernya adalah kredibel dan dapat dapat dipercaya serta Kami berani mempertanggungjawabkan alurnya,” kata Boyamin.

Bahwa oknum lembaga mana yang menerbitkan, jelas Boyamin pihak belum mengetahui dikarenakan poto awal terdapat KOP surat, nomor surat jalan dan pejabat yang menandatangani surat serta terdapat stempelnya, namun untuk azas praduga tidak bersalah dan mencegah fitnah maka Kami sengaja menutupnya.

Untuk memastikan kebenaran surat jalan tersebut, jelas Boyamin akan mengadukannnya kepada Ombusdman RI guna data tambahan sengkarut perkara Joko Tjandra selama berada di Indonesia mulai tanggal 12 Mei 2020 hingga 27 Juni 2020 yang mana Joko Tjandra telah mendapat KTPel, mendapat Pasport baru, mengajukan PK di PN Jaksel , mendapat status bebas dan tidak dicekal serta bisa masuk keluar Indonesia tanpa terdeteksi.

Jika mengacu poto surat jalan tersebut, maka hampir dapat dipastikan Joko Tjandra masuk Indonesia melalui pintu Kalimantan ( Pos Entikong) dari Kuala Lumpur ( Malaysia ).

“Setidaknya jika aparat pemerintah Indonesia serius melacaknya maka sudah mengerucut pintu masuknya adalah dari Malaysia dan bukan dari Papua Nugini,” jelas Boyamin.(haris)

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>