Kejagung Gelar Vaksinasi Covid 19 Untuk Usia 12 Tahun, Untung: Vaksin Dapat Menekan Dampak Vatality COVID-19
By admin On 10 Jul, 2021 At 07:08 AM | Categorized As Kesra | With 0 Comments

JAKARTA-(TERBITTOP)-Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi SH mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai bahaya penyakit Covid 19 yang makin marak terjadi.

“Salah satu cara mengatasi wabah ini adalah dengan membangun kekebalan kolektif dan vaksinasi adalah salah satu cara mempercepat terbentuknya herd imunity, serta sebagai upaya untuk menekan dampak vatality akibat Covid-19 pada pasien,” kata Setia Untung Arimuladi SH saat membuka kegiatan Vaksinasi Covid – 19 untuk umur 12 (dua belas) tahun keatas bagi para pegawai dan keluarga besar Adhyaksa serta masyarakat umum di Rumah Sakit Umum (RSU) Adhyaksa, Jakarta Timur,Sabtu (10/7).

Oleh karena lanjut Untung dibutuhkan peran serta untuk menyukseskan program vaksinasi ini sebagai upaya percepatan mengakhiri pandemi Covid-19.

Dalam acara yang dihadiri Gubernur KDKI Anies Basweden serta para Jaksa Agung Muda, Untung Arimuladi mengatakan vaksin yang diberikan telah melewati berbagai uji tahapan untuk bisa dibagikan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu abaikan suara sumbang tentang vaksinasi Covid-19, percayalah bahwa pemerintah dan seluruh tenaga kesehatan telah sekuat tenaga menyehatkan Indonesia,” kata Untung yang juga ketua Umum PJI.

Dikatakan kita yang merasakan sehat, dan kita juga yang merasakan sakit, terlebih rasa sakit karena ditinggalkan selama-lamanya oleh orang-orang yang kita cintai, bukan mereka.

Selanjutnya dalam kesempatan yang baik ini, Untung yang mewakili Jaksa Agung RI sekaligus menyerahkan dua unit mobil ambulance dan dua unit mobil jenazah kepada Rumah Sakit Umum Adhyaksa.

“Semoga dengan bertambahnya fasilitas akan semakin menunjang pelaksanaan tugas dan semakin banyak masyarakat yang terbantu,” kata Untung.

Lebih jauh dikatakan Jaksa Agung memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT. Pertamina yang telah menghibahkan dua unit mobil Ambulance dan dua unit mobil jenazah kepada Kejaksaan RI.

Untung juga secara khusus atas nama Jaksa Agung juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tenaga kesehatan selaku garda terdepan yang tak kenal lelah, tulus dan ikhlas berjuang menyehatkan dan menyelamatkan masyarakat, meski kita tahu mereka harus bertaruh nyawa dan terpisah dari keluarga.

” Ini adalah tahun kedua kita memperingati Hari Bhakti Adhyaksa secara istemewa, karena kita peringati dalam suasana penuh keterbatasan dan keprihatinan akibat pandemi covid 19 masih membelenggu kita,” ujarnya.

Kejaksaan sebagai alat negara tentunya turut terpanggil bahu membahu mengerahkan segenap sumberdayanya mengatasi wabah Covid-19.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adyaksa (HBA) ke-61 dengan tema: BERKARYA UNTUK BANGSA”, Kejaksaan Agung menggelar kegiatan “Adhyaksa Peduli Vaksinasi” di Rumah Sakit Umum Adhyaksa sejak Sabtu 10 Juli 2021 s/d Senin 12 Juli 2021.

Kegiatan ini sangat positif, karena selain mendukung upaya pemerintah untuk mengakselerasi vaksinasi nasional guna mencapai target, juga memudahkan masyarakat untuk memperoleh vaksinasi sebagai bentuk kepedulian Kejaksaan.

Penyebaran,

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas peran Kejaksaan RI dalam membangun herd immunity untuk warga DKI dimana sampai bulan ini untuk wilayah DKI Jakarta sudah lebih 5 (lima) juta warga DKI yang telah divaksin dari target 7 (tujuh) juta warga hingga bulan Agustus 2021.

Gubernur DKI Jakarta juga menjelaskan bahwa ada dua cara untuk melawan penyebaran Covid-19 yaitu dengan terinfeksi virus yang kemungkinannya akan kebal bila ditangani dengan baik atau mengakibatkan kematian dan usaha kedua dengan cara tervaksin guna membentuk herd immunity.

“Dari dua cara tersebut tentu kita memilih cara vaksin, oleh karena itu kepada masyarakat DKI Jakarta yang belum divaksi dihimbau untuk memanfaatkan gerakan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Agung dalam rangka HBA yang ke-61 Tahun 2021 tersebut,” kata Anies.

Acara diakhiri dengan penyerahan SK Gubernur tentang Penentuan Lokasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 dari Gubernur DKI. Jakarta kepada Wakil Jaksa Agung RI.

Dan penyerahan 2 (dua) unit mobil ambulance dan 2 (dua) unit mobil jenasah yang merupakan bantuan dari PT. Pertamina yang diserahkan Wakil Jaksa Agung mewakili Jaksa Agung yang diterima langsung oleh Direktur Utama RSU Adhyaksa Jakarta (dr. Dyah Eko Judihartanti, MARS).

Sebelum acara pembukaan, Koordinator Seksi Baksos HBA ke-61 (Nanang Sigit Yulianto, SH. MH, Inspektur 5 pada Jaksa Agung Muda Pengawasan) melaporkan bahwa pelaksanaan Adhyaksa Peduli Vaksinasi berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Jakarta dan RSU Adhyaksa.

Target yang direncanakan pada vaksinasi diharapkan dapat mencapai 3.000 orang yang dimulai sejak Sabtu 10 Juli 2021 sampai dengan hari Senin 12 Juli 2021, dan akan dilanjutkan dengan Vaksin kedua pada bulan depan.

Tenaga medis dan non medis yang terlibat dalam aksi ini terdiri dari RSU Adhyaksa, Klinik Pratama Pusat Kesehatan Kejagung, Klinik Badiklat Kejaksaan RI, dan Klinik Kejati DKI. Jakarta, serta tenaga administrasi dari Kejati dan Kejari se DKI. Jakarta yang seluruhnya berjumlah 104 orang.

Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka memperingati HBA ke-61 Tahun 2021 dilaksanakan dengan mematuhi dan memenuhi protokol kesehatan secara ketat, antara lain dengan menerapkan protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dan/atau hand sanitizer (ris)