Tentang Kami
By admin On 26 Jan, 2014 At 01:52 PM | Categorized As | With 0 Comments
PENERBIT:  Karya Panjang Mediatama
SIUP: 0716/10-27/PK/XII/2013
NPWP: 03.350.979.5-412.000

TDP: 10.27.3.73.05022

Mediatama : www.terbittop.com, www.wartatop.com, dan Koran Terbittop (edisi cetak) dan Laskar Entreprise.

Alamat Redaksi:  Gedung Lingga Dharma Lt 1, Warung Buncit, Jakarta Selatan. Telp: (021) 7818635, 082299466193

Email: redaksiterbittop@gmail.com,  redaksiwartatop@gmail.com,

TENTANG KAMI

Situs TERBITTOP.COM hadir untuk Anda dalam upaya melengkapi informasi dan berita bagi masyarakat dengan mengutamakan kecepatan dan kedalaman berita yang terkini, disajikan dengan data dan fakta akurat. Tidak saja mengupas dan mengulas masalah perkotaan,kriminalitas,hukum dan korupsi, tetapi juga menyajikan berita dalam rubrik Nusantara, Internasional, Ekonomi, Hiburan, Olahraga dan lainnya. Situs ini dikelola oleh  Karya Panjang Mediatama yang berkantor di Jakarta.

Sesuai namanya TERBITTOP, kami akan mengutamakan INFORMASI/BERITA yang terkini dan aktual dengan prinsip penyajian yang berimbang sesuai dengan prinsip standar jurnalistik yang berkualitas. Namun demikian, berita yang kami sajikan, tetap mengutamakan prinsip kecepatan dan ketepatan.

Sehingga situs ini diharapkan bisa bersahabat dengan semua kalangan termasuk dunia usaha. Jajaran redaksi Terbittop,terdiri atas para profesional yang telah berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidangnya. Sebagian dari mereka adalah mantan pengelola Harian Umum TERBIT.

Harapan kami, segala informasi yang kami sajikan dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan demikian, kami harapkan dapat terciptanya berita yang jernih dan penuh gagasan, mendidik, menghibur serta tajam dan terpercaya.

Sesuai dengan Visi dan Misi, kami ingin menjadikan media TERBITTOP, sebagai acuan bagi para pembaca. Kami mengharapkan partisipasi aktif anda dalam memberi masukan, saran serta kritik yang membangun karena membuat kami lebih baik dalam menyajikan informasi dan berita dimasa mendatang.

Disinilah letak dan tujuan TERBITTOP.COM berdiri, untuk memberikan yang terbaik bagi kehidupan bermasyarakat.

Pedoman Media Siber

Ruang Lingkup
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.
Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.
Verifikasi dan keberimbangan berita
Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.
Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).
Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).
Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).
Pencabutan Berita
Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.
Iklan
Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan ‘advertorial’, ‘iklan’, ‘ads’, ‘sponsored’, atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.
Hak Cipta
Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pencantuman Pedoman
Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.
Sengketa
Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.
Jakarta, 3 Februari 2012

(Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

DISCLAIMER

Dengan mengakses dan menggunakan Terbittop.com, anda telah memahami dan setuju bahwa :

Data dan informasi yang disediakan Terbittop.com hanya sebagai informasi dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham dan/atau transaksasi lainnya.

Kami berupaya menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dengan   menampilkan isi seakurat mungkin, tetapi Terbittop.com tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi yang disampaikan pembaca melalui berbagai jenis rubrik publik,seperti komentar pembaca dan saluran komunikasi (email,sms,online,form).
Terbittop.com berhak menyunting isi dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan pihak lain.

Terbittop.com berhak untuk memuat, tidak memuat, mengedit dan atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca serta menyediakan link ke situs lain tersebut, tetapi terbittop.com tidak bertanggung jawab atas isi atau materi lainnya yang pada situs lain tersebut.

Setiap perjanjian dan transaksi antara anda dan pengiklan yang ada di terbittop.com adalah antara anda dan pengiklan. Karena anda mengetahui dan setuju terbittop.com tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan atau klaim yang ditimbulkan antara anda dengan pengiklan.
Semua hasil karya yang dimuat di terbittop.com baik berupa teks,gambar dan suara serta bentuk grafis adalah menjadi hak cipta terbittop.com

 

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>