KASUS PEMBELIAN GAS, Kejagung Periksa J,Chairman Of Board SASec Indonesia Dan Mantan Dirut PT PDPDE Sumsel.
By admin On 13 Apr, 2021 At 09:19 AM | Categorized As Hukum | With 0 Comments


Kapuspekum Kejaksaan RI Leonard Eben Ezer Simanjuntak SH MH

JAKARTA-(TERBITTOP)-Tim Penyidik Kejaksaan Agung yang memeriksa kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh Perusahaan Daerah Pertambangan Dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan memanggil dua saksi untuk di dengar keterangan.

Kapuspenkum Kejaksaan RI Leonard Eben Ezer Simanjuntak menuturkan Tim Penyidik memeriksa satu saksi yang terkait dengan pembelian Gas Bumi oleh Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi yakni Charmain Of Board SASec Indonesia.

Dan pada hari ini diperiksa saksi yaitu CISS selaku Mantan Direktur Utama PDPDE Sumatera Selatan.

“Benar sebelumnya seorang saksi diperiksa yaitu JN selaku Chairman Of The Board SASec Indonesia,” jelas Leonard Simanjuntak kepada media di jakarta Senin (12/3).

Dikatakan pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada Perusahaan Daerah (PD) Pertambangan Dan Energi (PDE) Sumatera Selatan.

Kasus PLN,

Selain itu Leonard Simanjuntak menjelaskan Tim Penyidik juga memanggil dua saksi yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Proyek Pembangunan Jalur Transmisi 275 KV Gardu Induk Kiliranjao-Gardu Induk Payakumbuh pada PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Medan Tahun 2016-2017.

Kedua saksi yang diperiksa yaitu:
1.     MR selaku Manager UPK 3 Bukittinggi PT. PLN (Persero) UIP Sumbagut;
2.     S selaku Manager Sub bagian Akuntansi PT. PLN (Persero) UIP Sumbagut.

Dikatakan pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi pada PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Medan tahun 2016-2017.

Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid-19, antara lain dengan memperhatikan jarak aman antara saksi diperiksa dengan Penyidik yang telah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap serta bagi saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan. (ris).

 

Leave a comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>